Jumat, 18 Agustus 2023

CONTOH PTK BUDI DAYA TANAMAN PANGAN SMK KELAS X KUMER

CONTOH PTK BUDI DAYA TANAMAN PANGAN SMK KELAS X-Penelitian ini berjudul ” Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Dasar-Dasar Budidaya Tanaman Materi Ruang Lingkup Dan Karakteristik Tanaman Pangan Siswa Kelas X.A SMK Negeri 2 .......... Tahun Pelajaran ...........”. Yang menjadi fokus kajian dalam penelitian ini adalah : (1) Apakah penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Dasar-dasar budidaya tanaman materi ruang lingkup dan karakteristik tanaman pangan?

Berangkat dari rumusan masalah di atas, maka tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk menganalisis seberapa besar dampak penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation dalam pembelajaran Dasar-dasar budidaya tanaman materi ruang lingkup dan karakteristik tanaman pangan terhadap peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa. 

Sumber data berasal dari siswa kelas X.A SMK Negeri 2 .......... yang berjumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data melalui hasil tes formatif yang dilakukan. Secara garis besar penelitian ini dilakukan melalui empat tahapan dalam proses pengkajian berdaur (PTK) yaitu meliputi : perencanaan (planning), pelaksanaan (action), observasi (observation), dan refleksi (reflection). Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif, selanjutnya dikonsultasikan dengan kriteria keberhasilan untuk mengetahui tuntas dan tidaknya belajar.

Berdasarkan hasil tes formatif dari siklus pertama dan kedua didapatkan ketuntasan aktivitas dan hasil belajar siswa yang meningkat. Dari siklus awal hanya ada 10 siswa (47,62%) yang tuntas dengan rata-rata kelas 76,05. kemudian meningkat pada siklus pertama menjadi 16 siswa (76,19%) dinyatakan tuntas dengan rata-rata kelas 82,90, dan pada siklus kedua meningkat cukup signifikan yakni 20 siswa (95,24%) berhasil memperoleh nilai di atas KKM yang ditetapkan sebesar 80. Persentase aktivitas belajar siswa pada siklus pertama sebesar 64,55% dengan kategori cukup aktif,  pada siklus kedua meningkat menjadi 83,60% dengan kategori sangat aktif.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel TANAMAN PANGAN SMK yang diberi judul “ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GROUP INVESTIGATION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR DASAR-DASAR BUDIDAYA TANAMAN MATERI RUANG LINGKUP DAN KARAKTERISTIK TANAMAN PANGAN SISWA KELAS X.A SMK NEGERI 2 .......... TAHUN PELAJARAN 20../20..”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file PTK  lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN  PTK 065 SMK   ).



Jika rekan pendidik tidak mau repot, atau kurang memiliki waktu senggang dalam pembuatan PTK, rekan pendidik dapat meminta bantuan untuk dibuatkan PTK kepada kami, Rekan pendidik bisa menghubungi  saya di WA: 081-7283-4988 Harapan kami, Semoga postingan kali ini bermanfaat!

 Terima kasih telah berkunjung di blog kami yang membahas tentang PTK Semoga .PTK ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).