CONTOH PROPOSAL PTK SMK KURIKULUM 2013 TERBARU DOC-Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas X TKR 1 SMKN 14...........Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas X TKR 1 yang berjumlah 34 siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan tes. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara reduksi, paparan data dan penyimpulan. Juga dilakukan analisis data deskriptif untuk data hasil observasi. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh kesimpulan bahwa pelaksanaan team teaching agar dapat meningkatkan motivasi belajar matematika yaitu wali kelas X TKR 1 sebagai guru 1 dan peneliti sebagai guru 2 melaksanakan tahap perencanaan yang meliputi: (1) Menyususun RPP dengan menetapkan metode pembelajaran kooperatif tipe belajar bersama (learning together). (2) Pembagian peran dan tanggung jawab guru anggota team teaching serta pembagian pos-pos pengawasan di dalam kelas. (3) Menyusun teaching material yang berisi materi, LKS, latihan soal dan tes. (4) Menyiapkan media dan perangkat pembelajaran. contoh ptk matematika smk doc
Kemuadian pada tahap pelaksanaan meliputi: (1) Memeriksa kesiapan siswa dengan cara membahas materi, pemberian apersepsi dan motivasi. (2) Salah satu guru menyampaikan pengarahan umum sedang guru yang lain melakukan tindak lanjut dan memonitor perilaku dan kemajuan siswa. (3) Siswa bergabung dengan kelompoknya yang terdiri dari 4 siswa. (4) Siswa berdiskusi dalam kelompoknya mengerjakan LKS dan latihan soal pada teaching material sedangkan guru 1 dan guru 2 menempatkan diri pada pos-pos pengawasan membimbing jalannya diskusi. (5) Perwakilan kelompok siswa mempresentasikan hasil diskusi. (6) Menyimpulkan materi, Dari hasil observasi keterlaksanaan team teaching, hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 69,41 dengan kategori sedang, menjadi sebesar 86,18 dengan kategori tinggi pada siklus II.
Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel MATEMATIKA SMK yang diberi judul “PENGGUNAAN STRATEGI TEAM TEACHING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI FUNGSI SISWA KELAS X TKR 1 SMKN 14 ........PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 20../20.. ”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.
PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file .. lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN PTK 004 SMK ).
A.DOWNLOAD PTK MATEMATIKA SMK LENGKAP K 13
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan melibatkan kegiatan belajar dan proses pembelajaran. Proses pembelajaran merupakan hal yang harus diperhatikan di dalam penyelenggaraan pendidikan di suatu instansi pendidikan pada jenjang pendidikan dasar, pendidikan menengah pertama, pendidikan menengah atas, hingga di perguruan tinggi. Pendidikan merupakan suatu interaksi yang terjadi antara pendidik dan peserta didik. Melalui pendidikan siswa dipersiapkan menjadi manusia yang cerdas dan berguna bagi nusa dan bangsa, serta diharapkan dapat mengembangkan potensinya untuk menjadi lebih baik. Dalam upaya menumbuhkan, memajukan, serta mencerdaskan kehidupan bangsa penyelenggaraan dan pelaksanaan proses pendidikan harus terus ditingkatkan. download ptk matematika smk kelas x
Upaya untuk mengoptimalkan pembelajaran, merupakan tugas dan tanggung jawab yang pokok bagi seorang guru. Tuntutan untuk meningkatkan profesionalisme bagi guru bukan saja sekedar memenuhi amanat perundangan tetapi merupakan bagian yang terpenting dalam mengembangkan idealisme dan profesionalisme. Maka guru tetap berusaha meningkatkan kinerjanya sebagai tanggung jawab moral. Salah satu bukti bahwa guru berorientasi pada peningkatan kinerja adalah dengan senantiasa mencari solusi bagi persoalan pembelajaran. Upaya-upaya mengkaji dan menemukan model, strategi dan pendekatan pembelajaran, menjadi sebuah keharusan, seiring dengan perkembangan dunia pendidikan yang senantiasa diwarnai dinamika dan perubahan. Tentu saja tidak semua guru memiliki kemampuan untuk menemukan sesuatu yang baru atau membuat inovasi dalam pembelajaran, namun paling tidak ia berupaya untuk mencoba mengimplementasikan model-model baru yang tentu saja telah melalui berbagai kajian dan telah dibuktikan keunggulannya.
Matematika merupakan ilmu yang mempunyai peranan penting dalam perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Matematika menjadi alat bantu ilmu-ilmu lainnya, baik untuk kepentingan teoritis maupun aplikasi. Matematika merupakan subyek yang sangat penting dalam sistem pendidikan di seluruh negara di dunia ini. Negara yang mengabaikan pendidikan matematika sebagai prioritas utama akan tertinggal di segala bidang. Matematika terdapat dalam semua cabang ilmu. Matematika sendiri merupakan wujud kapasitas intelektual manusia dan intelektual diperlukan oleh semua praktisi cabang ilmu (Anton, 2005).
Matematika mempunyai objek benda-benda yang bersifat abstrak, sehingga untuk memahaminya diperlukan kemampuan berpikir dan bernalar secara logis. Masing-masing siswa mempunyai strategi yang berbeda dalam belajar matematika, karena pada dasarnya seorang anak mempunyai keunikan tersendiri dalam cara berpikirnya. Selain itu juga diperlukan ketekunan dan semangat dari siswa untuk mempelajarinya sehingga wajar apabila sebagian siswa merasa kesulitan dalam mempelajari matematika. Setiap guru memahami bahwa tidak semua siswa dapat mempelajari apa-apa yang ingin dicapai oleh guru.
Perlakuan terhadap siswa secara individual lebih memungkinkan untuk berhasil mencapai tujuan pembelajaran daripada secara klasikal. Dalam hal ini pembelajaran yang melibatkan lebih dari seorang guru lebih bagus daripada hanya seorang guru saja. Menurut Beggs (1971:16) pembelajaran yang melibatkan lebih dari satu orang guru dalam waktu yang sama disebut dengan team teaching, suatu kegiatan yang melibatkan beberapa orang guru (kolaborasi) yang bertujuan untuk peningkatan mutu juga dalam menangani suatu persoalan yang dihadapi siswa pada saat kegiatan pembelajaran di kelas.
Team teaching akan menjadi sangat menarik untuk dieksplorasi dan diterapkan lebih dalam jika dipahami secara baik konsep dan esensi pemberlakuannya. Dengan adanya kolaborasi lebih dari seorang guru di dalam kelas, maka proses observasi terhadap siswa menjadi lebih intens. Catatan khusus terhadap perilaku, ketidakbisaan, kesulitan siswa akan terekam dengan baik, bersama dengan itu, teknik pengajaran pun akan dapat dikritisi dengan baik. Dengan ini maka siswa dapat terpantau secara individual, sehingga dapat mendorong siswa untuk belajar lebih bersemangat. Untuk dapat melakukan ini dengan baik, maka kedua guru yang berkolaborasi harus mempunyai kesamaan komitmen dan kesiapan untuk bersikap kritis dan mengkritisi.
Dengan adanya lebih dari satu orang guru dalam satu kelas, akan membantu siswa bebas meminta pelayanan dalam memecahkan masalah dan mendiskusikannya tanpa adanya batasan-batasan yang biasa mereka temui dalam kegiatan belajar reguler. Tentunya guru yang terlibat dalam team teaching telah menetapkan visi yang sama sehingga tidak terjadi overlapping dalam pemberian penjelasan. Pendekatan individu lebih ditekankan untuk membantu siswa agar mereka tidak merasa takut untuk mengemukakan persoalan yang mereka hadapi.
Berdasarkan observasi di kelas X TKR 1 di SMKN 14 ......, pada waktu proses pembelajaran dimulai siswa tidak segera memasuki kelas dan beberapa siswa datang terlambat serta suasana kelas sangat gaduh. Saat guru menerangkan pelajaran, siswa memperhatikan tetapi sebagian siswa yang duduk di deretan belakang masih ramai. Ada siswa yang mengobrol dengan teman sebangkunya, bahkan ada yang mengerjakan tugas selain pelajaran matematika. Pada waktu siswa mengerjakan soal latihan, guru sesekali menghampiri dan memberi penjelasan kepada siswa yang dirasa kesulitan saat mengerjakan soal. Tetapi tindakan seperti itu tidak selalu dilakukan pada setiap siswa, karena keterbatasan waktu dan tenaga. Maka guru tidak dapat memberikan pelayanan kepada siswanya secara individual. Hal ini mengakibatkan siswa putus asa dalam menghadapi kesulitan saat mengerjakan tugas. Padahal menurut Sardiman (2003:83) salah satu ciri orang yang bermotivasi adalah tekun menghadapi tugas.
Pemberlakuan metode team teaching merupakan solusi yang tepat untuk permasalahan tersebut. Tetapi, team teaching tidak dapat dilaksanakan karena terbentur pada masalah pembagian jadwal. Peneliti dan guru telah bersepakat untuk menerapkan metode team teaching dengan tujuan agar penggunaan team teaching dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Strategi pembelajaran kooperatif tipe belajar bersama (learning together). Dengan learning together akan memberikan semangat bagi siswa karena metode ini berwujud kelompok-kelompok yang akan bekerja sama untuk memajukan kelompok dan individu dalam pengetahuan dan keterampilan. Strategi kooperatif dilakukan untuk lebih mengaktifkan siswa untuk meningkatkan motivasi dan disiplin siswa dalam mengikuti pembelajaran. Selain itu, dengan pembelajaran kooperatif siswa lebih berani mengungkap pendapat maupun idenya, lebih bertanggung jawab dalam menyelesaikan tugas-tugasnya, sehingga akan dapat meningkatkan inisiatif siswa, rasa percaya diri siswa, dan tanggung jawab siswa. Jadi dengan learning together motivasi dari dalam dan luar dapat terbentuk bersamaan, dan sesuai dengan strategi yang digunakan yaitu team teaching yang memungkinkan untuk mengontrol tiap-tiap kelompok siswa dalam proses pembelajaran matematika.ptk matematika smk kurikulum 2013
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan pada latar belakang di atas maka dapat dinyatakan rumusan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana pembelajaran team teaching dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas X TKR 1 di SMKN 14 ............. ?
2. Bagaimana peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas X TKR 1 di SMKN 14 ............. setelah dilaksanakannya team teaching ?
C. Tujuan Penelitian
Secara umum maksud dan tujuan pembelajaran dengan menggunakan metode team teaching ini adalah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika. Secara khusus tujuan penelitian ini dirumuskan sebagai berikut:
1. Mendeskripsikan pembelajaran team teaching yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas X TKR 1 di SMKN 14.............
2. Untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar matematika siswa kelas X TKR 1 di SMKN 14........... setelah dilaksanakannya team teaching.
D. Manfaat Penelitian
Manfaat yang dapat diperoleh dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut:
1. Bagi siswa
Siswa dapat terlayani secara individual.
Mendorong siswa untuk belajar matematika lebih bersemangat.
Meningkatkan motivasi siswa dalam belajar matematika.
Meningkatkan penguasaan kompetensi mata pelajaran matematika siswa kelas X TKR 1 SMKN 14 ...............
2. Bagi guru
Meningkatkan profesionalisme guru dalam aktivitas pembelajaran.
Memperbaiki aktivitas belajar untuk menghilangkan kesan kelas yang monoton adalah kelas yang tidak kondusif dalam proses pembelajaran.
Menciptakan suasana pembelajaran yang kondusif menuju proses belajar mengajar yang bermutu
3. Bagi Sekolah
Meningkatkan perolehan prestasi belajar mata pelajaran produktif tingkat SMA menuju sekolah yang bermutu dan berkualitas.
B.PTK MATEMATIKA SMK KELAS X UNTUK KENAIKAN PANGKAT
BAB II
LANDASAN TEORI
A. Deskripsi Teori
1. Pembelajaran Matematika
James yang dikutip Suherman (2003:16) mengatakan bahwa matematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan, besaran dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan lainnya dengan jumlah yang banyak yang terbagi ke dalam tiga bidang, yaitu aljabar, analisis dan geometri. Sedangkan menurut Russefendi yang dikutip oleh Erman Suherman (2003:16) matematika terbentuk sebagai hasil pemikiran manusia yang berhubungan dengan ide proses dan penalaran. Sesuai dengan pengertian dan karakter matematika di atas, matematika merupakan ilmu pengetahuan sebagai sarana berpikir yang meliputi penalaran dan logika, serta objeknya yang bersifat abstrak.
Pembelajaran merupakan upaya penataan lingkungan yang memberikan nuansa agar program belajar tumbuh dan berkembang secara optimal. Menurut Suherman (2003:47) salah satu hal yang harus diperhatikan dalam kegiatan pembelajaran adalah mengatur suasana kelas agar siswa siap belajar. Menurut Sriyanto, tugas guru bukan lagi aktif mentransfer pengetahuan tetapi menciptakan kondisi belajar dan merencanakan jalannya pembelajaran dengan materi yang sesuai bagi siswa sehingga siswa memperoleh pengalaman belajar yang optimal. Sesuai dengan pengertian di atas, dalam kegiatan pembelajaran pasti ada kaitannya dengan siswa belajar. Dalam pembelajaran di sekolah, guru hendaknya memilih dan menggunakan strategi, pendekatan, metode dan teknik yang banyak melibatkan siswa aktif dalam belajar (Suherman, 2003:62).
Belajar merupakan pengembangan pengetahuan baru, keterampilan dan sikap ketika seorang individu berinteraksi dengan informasi dan lingkungan. Belajar matematika menurut Suherman (2003:76) merupakan proses dimana siswa secara aktif mengkonstruksi pengetahuan matematika. Fokus utama belajar matematika adalah memberdayakan siswa untuk berpikir mengkonstruksi pengetahuan matematika yang telah dikemukakan oleh ahli-ahli sebelumnya. Dengan demikian, pembelajaran matematika dapat diartikan sebagai suatu rangkaian kegiatan yang melibatkan guru dan siswa, dimana kegiatan guru ditujukan kepada siswa dalam menyampaikan pengetahuan dan keterampilan serta membimbing dan melatih siswa agar belajar tentang matematika.ptk smk doc pdf lengkap
2. Motivasi Belajar
a. Hakikat Motivasi Belajar
Motivasi berasal dari Bahasa Inggris yaitu motivation. Motif adalah dorongan atau stimulus yang datang dari dalam batin atau hati orang yang menggerakkan perilaku sadarnya untuk memenuhi kebutuhan untuk mencapai sasaran yang ditujunya (Hardjana, 1994:21). Menurut Purwanto (1990:71), motivasi adalah pendorongan, suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar ia tergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu. Pendapat Devis (1986:214) menyatakan bahwa motivasi merupakan kekuatan tersembunyi didalam diri kita untuk berkelakuan dan bertindak dengan cara yang khas.
C. FILE PTK INI LENGKAP BAB I - 5 SESUAI DAFTAR ISI , YANG BERMINAT UNTUK REFERENSI PEMBUATAN PTK DAPT WA/TM/SMS KE 08172834988
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL
PENGESAHAN
ABSTRAK
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
DAFTAR LAMPIRAN iii
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 1
B. Rumusan Masalah 5
C. Tujuan Penelitian 6
D. Manfaat Penelitian 6
BAB II LANDASAN TEORI
A. Deskripsi Teori 8
B. Team Teaching 18
C. Kerangka Berpikir 25
BAB III METODE PENELITIAN
A. Jenis Penelitian 27
B. Seting Penelitian 27
C. Rancangan Penelitian 27
D. Perangkat Pembelajaran dan instrumen Penelitian 32
E. Teknik Pengumpulan Data 34
F. Teknik Analisis Data 34
G. Indikator Keberhasilan Penelitian 37
BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Deskripsi Penelitian 38
B. Hasil Penelitian 58
C. Pembahasan 60
BAB V SIMPULAN DAN SARAN
A. Simpulan 63
B. Saran 63
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
DAFTAR LAMPIRAN
1. Lampiran 1 RPP Siklus I 65
2. Lampiran 2 RPP Siklus II 78
3. Lampiran 3 Material Tes 1 96
4. Lampiran 4 Material Tes II 98
5. Lampiran 5 Desain posisi Guru dan Duduk Siswa saat KBM 99
6. Lampiran 6 Posisi Penyampaian Materi 100
7. Lampiran 7 Catatan Lapangan Siklus I Pertemuan 1 101
8. Lampiran 8 Catatan Lapangan Siklus I Pertemuan 2 102
9. Lampiran 9 Catatan Lapangan Siklus II Pertemuan 1 103
10. Lampiran 10 Catatan Lapangan Siklus II Pertemuan 2 104
11. Lampiran 11 Hasil Observasi Kegiatan Pembelajaran S1P1 105
12. Lampiran 12 Hasil Observasi Kegiatan Pembelajaran S1P2 108
13. Lampiran 13 Hasil Observasi Kegiatan Pembelajaran S2P1 111
14. Lampiran 14 Hasil Observasi Kegiatan Pembelajaran S2P2 114
15. Lampiran 15 Hasil Tes Siswa 117
16. Lampiran 16 Daftar Hadir Siswa 118
17. Lampiran 17 Soal Tes Siswa
D.DAFTAR PUSTAKA
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + Rekomendasikan ini di Google untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di bawah. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.