Sedang hambatan dari siswa antara lain: motivasi belajar siswa rendah; kreatifitas siswa dalam pembelajaran masih kurang. Untuk meningkatkan kompetensi siswa dalam memahami Biologi perlu menggunakan “Metode Diskusi”. Dengan menggunakan ”Metode Diskusi” kemampuan siswa dalam memahami materi pokok sel diharapkan dapat meningkat. Oleh karena itu, dalam penelitian ini bertujuan memberikan sumbangan informasi dan pemikiran tentang bagaimana ”Metode Diskusi” digunakan dalam pembelajaran Biologi. Penelitian ini dikatakan berhasil apabila rata-rata nilai tes siswa pada materi dapat mencapai KKM, yaitu 75 dan persentase ketuntasan belajar siswa mencapai KKM kelas 80%. Pada akhir Siklus III diperoleh data: rata-rata hasil belajar siswa tuntas adalah seluruh siswa 32 siswa atau 100%. Jadi, penerapan model dalam Penelitian Tindakan Kelas ini dikatakan berhasil.
Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel BIOLOGI yang diberi judul “ EFEKTIVITAS METODE DISKUSI DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS XI IPA 1 SMAN 1 ..........ADA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 20../20...”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.
PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file PTK BIOLOGI SMA lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN PTK 031 SMA ).
Terima kasih telah berkunjung di blog kami yang membahas PTK BIOLOGI SMA Semoga .PTK ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK).