CONTOH PTK PAI SD KELAS V METODE READING GUIDE TERBARU DOC-Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk mengetahui apakah dengan penerapan Metode pembelajaran reading guide dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas V SD .............pada Mata Pelajaran PAI pokok bahasan beriman kepada Allah dan RasulNya tahun pelajaran 2020/2021.Subyek penelitian ini adalah peserta didik kelas V SD .......... Tahun pelajaran 2020/2021 dengan jumlah 36 peserta didik, yang terdiri dari 20 peserta didik laki-laki dan 16 peserta didik perempuan.
Prosedur penelitian terdiri dari 4 tahap dari setiap siklusnya, yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam dilaksanakan dengan menggunakan model pembelajaran Reading Guide. Indikator hasil belajar pada penelitian ini berupa tercapainya ketuntasan belajar secara individu maupun klasikal. Adapun pengumpulan datanya dilakukan dengan metode: dokumentasi, observasi dan tes prestasi (achievement test). Data hasil pengamatan tes prestasi (achievement test) atau ni lai evaluasi di olah dengan statistik deskriptif untuk menggambarkan keadaan peni ngkatan pencapaian keberhasilan tiap siklus.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Penerapan metode pembelajaran Reading Guide dalam penelitian ini menggabungkan dengan metode cerita. Penyampaian materi beriman kepada Allah dan RasulNya dengan menggunakan metode pembelajaran Reading Guide, yaitu dengan memberikan sebuah cerita dan lembar pertanyaan. Dengan menggabungkan metode pembelajaran Reading Guide dengan metode cerita, dapat membuat peserta didik lebih termotivasi dan bersemangat sehingga aktivitas dan hasil belajar peserta didik dapat meningkat.
Hal ini dapat dilihat dengan perolehan aktivitas peserta didik, yaitu pada siklus I aktivitas peserta didik adalah 62,05% mengalami peningkatan pada si klus II yaitu 74,15%. 2). Hasil belajar PAI peserta didik dengan menggunakan metode pembelajaran Reading Guide mengalami peni ngkatan, khususnya pada materi pokok beriman kepada Allah dan RasulNya. Pra siklus di peroleh nilai rata-rata 68,08 dengan ketuntasan belajar 58,3%. Pada siklus I diperoleh nilai rata-rata 69,29 dengan ketuntasan belajar 70,83%. Dan meningkat menjadi 71,62 dengan ketuntasan 87,5%. Sehingga bisa disimpulkan bahwa terjadi peningkatan nilai rata-rata dari pra siklus ke siklus I kemudian ke siklus II dan tidak perlu dilakukan siklus III.
Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Reading Guide (Bacaan Terbimbing) dapat meningkatkan meningkatkan hasil belajar. Dengan demikian peneliti menyarankan agar penerapan metode Reading Guide (Bacaan Terbimbing) dapat digunakan sebagai alternatif metode pembelajaran dalam upaya meningkatkan hasil belajar peserta didik.
PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file PTK lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN PTK 136 SD ).
Terima kasih telah berkunjung di blog kami yang
membahas tentang PTK Semoga .PTK ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK).