CONTOH PTS SD METODE PENERAPAN PENDEKATAN SUPERVISI KOLABORATIF-Berdasarkan pembahasan dalam penelitian mengenai penerapan pendekatan supervisi kolaboratif untuk meningkatkan kompetensi profesional guru di SDN ...... Kecamatan .........Kabupaten ...... .dapat ditarik beberapa simpulan sebagai berikut: 1) Proses supervisi dengan menerapkan pendekatan supervisi kolaboratif secara spesifik terdiri dari tahap pra-supervisi kolaboratif, supervisi kolaboratif dan pasca-supervisi kolaboratif. PTS SD terbaru doc lengkap
Proses supervisi dengan menerapkan pendekatan supervisi kolaboratif mengalami perkembangan dari siklus I ke siklus II. Peningkatan kompetensi profesional guru di SDN ....... Kecamatan ........... Kabupaten ............dari pra-siklus ke siklus I sebesar 27,08 poin. Rata-rata kompetensi profesional guru pada pra-siklus sebesar 45,83 dengan kriteria kurang dan pada siklus I sebesar 72,92 dengan kriteria cukup. Kompetensi profesional guru juga mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II sebesar 15 poin. Rata-rata kompetensi profesional guru pada siklus II sebesar 87,92 dengan kriteria baik. Jadi, dapat disimpulkan bahwa kompetensi profesional guru di SDN ........Kecamatan ......... Kabupaten .............dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan supervisi kolaboratif.
Laporan penelitian tindakan sekolah [PTS] ini diberi judul “UPAYA MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DI SDN ......... KECAMATAN ........ KABUPATEN ........MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN SUPERVISI KOLABORATIF ”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.