Selasa, 22 Juni 2021

CONTOH ETIKA PROFESI DENGAN MEDIA KARTU TEKS PASANGAN PADA SISWA KELAS X DI SMK

CONTOH ETIKA PROFESI DENGAN MEDIA KARTU TEKS PASANGAN PADA SISWA KELAS X DI SMK -Berdasarkan pengamatan rendahnya hasil belajar K3 siswa kelas X maka peneliti melakukan penelitian dengan rumusan masalah 1) Apakah teknik kartu teks pasangan dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas X SMKN .......dalam memahami materi K3 ? 2) Bagaimana perubahan hasil belajar siswa kelas X SMKN .......... pada materi K3 setelah menggunakan teknik kartu teks pasangan ? dengan tujuan untuk mengetahui 1) teknik kartu teks pasangan dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas X SMKN 5 Sorong dalam memahami materi K3. 2) Bagaimana perubahan hasil belajar siswa kelas X SMKN 5 Sorong pada materi K3 setelah menggunakan teknik kartu teks pasangan. 

Setelah dilakukan penelitian dihasilkan temuan 1) Hasil observasi menunjukan sebagian besar siswa pada pelaksanaan pembelajaran siklus I, sebagian siswa terlihat antusias dan hanya 3 siswa yang masih belum termotivasi. Pada pembelajaran siklus II menunjukan peningkatan antusias siswa dalam belajar prosedur K3 sejumlah 5 orang siswa terlihat sangat serius dan aktif dalam pembelajaran dan hanya dua orang siswa yang masih tampak kaku dan kurang memahami materi. Pada pembelajaran siklus III tampak seluruh siswa terlibat aktif pada seluruh kegiatan pembelajaran prosedur K3 dan tidak terlihat siswa yang tidak antusias belajar. Dengan demikian menunjukan media kartu teks berpasangan efektif meningkatkan motivasi belajar siswa. 2) Pada siklus I menunjukan nilai rata-rata prestasi siswa pada materi K3 dengan media kartu teks pasangan dengan nilai 70,00. 

Sedangkan pada siklus II menunjukan nilai rata-rata prestasi siswa adalah 78,57 menunjukan peningkatan nilai 8,57 poin, dan pada nilai rata-rata siklus III menunjukan nilai rata-rata 90,00 dan menunjukan peningkatan sebesar 13,43 poin dari siklus II atau lebih besar 20 poin dari siklus I. 3) Prosentase ketuntasan hasil belajar pada siklus I menunjukan persentase ketuntasan belajar siswa pada materi K3 dengan media kartu teks pasangan dengan nilai 57%. Sedangkan pada siklus II menunjukan persentase ketuntasan belajar siswa adalah 71% menunjukan peningkatan nilai 14%, dan pada persentase ketuntasan belajar siswa siklus III sebesar 100% dan menunjukan peningkatan sebesar 29% dari siklus II atau lebih besar 43% dari siklus I. Dari hasil tersebut menunjukan adanya peningkatan prestasi yang signifikan dari siklus I sampai dengan Siklus III dan penelitian dianggap tuntas dan dapat dihentikan karena pembelajaran dinyatakan sukses.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel ETIKA PROFESI SMK  yang diberi judul “MENINGKATKAN KECEPATAN MEMAHAMI ETIKA PROFESI DENGAN MEDIA KARTU TEKS PASANGAN PADA SISWA KELAS X DI SMK N .......... TAHUN PELAJARAN 20../20..”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file PTK SMK lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN  PTK 016 SMK  ).



Terima kasih telah berkunjung di blog kami yang membahas PTK ETIKA PROFESI SMK. Semoga .PTK ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

 Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + Rekomendasikan ini di Google untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di bawah. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.