PENELITIAN TINDAKAN KELAS MAPEL IPA SMP KURIKULUM MERDEKA-Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang menuntut adanya partisipasi aktif dari seluruh siswa. Jadi dalam seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa, sedangkan tugas guru hanya sebagai motivator dan fasilitator didalamnya agar suasana kelas lebih hidup. Salah satu pembelajaran yang menerapkan hal tersebut adalah adalah model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau (classroom action research). Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis, S. dan Mc Taggart, R dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan tahapannya yakni 1) perencanaan tindakan (planning), 2) pelaksanaan tindakan (action) dan pengamatan (observation), dan 3) refleksi (reflection). Subyek penelitian adalah siswa kelas 7 D SMP Negeri 4 ......... sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes. Adapun instrumen penelitiannya dengan menggunakan butir-butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan data statistik yang meliputi mean, standar deviasi, skor minimal- maksimal dan persentase ketuntasan belajar.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA siswa setelah menggunakan model pembelajaran cooperative script. Hal ini nampak pada perbandingan skor rata-rata prasiklus, siklus I dan siklus II yakni 67,63 : 76,06 : 83,94 yang berarti ada peningkatan dari prasiklus ke siklus dan dari prasiklus ke siklus II. Ketuntasan belajar klasikal pada kondisi pra siklus, siklus I dan siklus II yakni 46,88% : 71,88% : 96,88%.. Sedangkan perbandingan skor minimal pada kondisi prasiklus, siklus I dan siklus II yakni sebesar 48 : 55 : 70, dan perbandingan skor maksimal pada kondisi prasiklus, siklus I dan siklus II yakni 82 : 92 : 100.
Dari hasil penelitian ini dapat mendorong guru kelas 7D SMP Negeri 4 ......... agar terinspirasi untuk menerapkan model pembelajaran cooperative script pada pembelajaran IPA karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Bagi peneliti selanjutnya agar dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pembelajaran IPS di kelas 7 D dengan menggunakan model pembelajaran cooperative script.
Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel IPA SMP yang diberi judul “ MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT MATA PELAJARAN IPA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS 7D SMP NEGERI ......... TAHUN PELAJARAN ............”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.
PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file PTK lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN PTK 139 SMP ).