Minggu, 18 Desember 2022

PENELITIAN TINDAKAN KELAS MAPEL IPA SMP KURIKULUM MERDEKA

PENELITIAN TINDAKAN KELAS MAPEL IPA SMP KURIKULUM MERDEKA-Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah pembelajaran yang menuntut adanya partisipasi aktif dari seluruh siswa. Jadi dalam seluruh rangkaian kegiatan pembelajaran berpusat pada siswa, sedangkan tugas guru hanya sebagai motivator dan fasilitator  didalamnya  agar  suasana kelas lebih  hidup.  Salah  satu pembelajaran  yang menerapkan hal tersebut adalah adalah model pembelajaran kooperatif tipe cooperative script.

Jenis  penelitian  ini adalah Penelitian Tindakan Kelas  (PTK) atau (classroom action research). Model PTK yang digunakan adalah model spiral dari Kemmis, S. dan Mc Taggart, R dengan menggunakan 2 siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 kali pertemuan dengan tahapannya yakni 1) perencanaan tindakan (planning), 2) pelaksanaan tindakan  (action)  dan  pengamatan  (observation),  dan  3)  refleksi  (reflection). Subyek penelitian  adalah  siswa  kelas  7 D SMP Negeri 4 ......... sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dengan teknik tes dan non tes. Adapun instrumen penelitiannya dengan menggunakan butir-butir soal dan lembar observasi. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu dengan membandingkan data statistik yang meliputi mean, standar deviasi, skor minimal- maksimal dan persentase ketuntasan belajar.

Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar IPA siswa setelah menggunakan model pembelajaran cooperative script. Hal ini nampak pada perbandingan skor rata-rata prasiklus, siklus I dan siklus II yakni 67,63 : 76,06 : 83,94 yang berarti ada peningkatan dari prasiklus  ke  siklus  dan  dari  prasiklus  ke  siklus  II. Ketuntasan belajar klasikal pada kondisi pra siklus, siklus I dan siklus II yakni 46,88% : 71,88% : 96,88%.. Sedangkan perbandingan skor minimal pada kondisi prasiklus, siklus I dan siklus II yakni sebesar 48 : 55 : 70, dan perbandingan skor maksimal pada kondisi prasiklus, siklus I dan siklus II yakni 82 : 92 : 100.

Dari hasil penelitian ini dapat mendorong guru kelas  7D  SMP Negeri 4 ......... agar terinspirasi untuk menerapkan  model  pembelajaran  cooperative  script  pada  pembelajaran  IPA  karena terbukti dapat meningkatkan hasil belajar IPS siswa. Bagi peneliti selanjutnya agar dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pembelajaran IPS  di  kelas  7 D  dengan  menggunakan  model  pembelajaran  cooperative script. 

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel IPA SMP yang diberi judul “ MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA  MELALUI PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE SCRIPT MATA PELAJARAN IPA MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN PADA SISWA KELAS 7D SMP NEGERI ......... TAHUN PELAJARAN ............”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file PTK  lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN  PTK  139 SMP ).


Terima kasih telah berkunjung di blog kami yang membahas tentang PTK Semoga .PTK ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).