CONTOH PTK TEMATIK UNTUK SD KELAS VI METODE LEARNING CYCLE-Pembelajaran tematik merupakan strategi pembelajaran yang diterapkan bagi anak kelas awal sekolah dasar. Sesuai dengan tahapan perkembangan anak, karakteristik cara anak belajar, konsep belajar dan pembelajaran bermakna, maka kegiatan pembelajaran bagi anak kelas awal SD sebaiknya dilakukan dengan Pembelajaran tematik. Masalah dalam penelitian ini adalah terjadinya pembelajaran Tematik yang belum optimal di kelas VI SD Negeri .......... dikarenakan kurangnya variasi pemanfaatan media dan metode pembelajaran dari guru sehingga berakibat pada rendahnya hasil belajar siswa. Oleh karena itu perlu adanya perbaikan kualitas pembelajaran Tematik yaitu melalui penerapan Model Learning Cycle berbantu Media Video Pembelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah cara meningkatkan kualitas pembelajaran Tematik pada siswa kelas VI SD Negeri ............ ?”. Tujuan penelitian ini adalah melalui Model Learning Cycle berbantu Media Video Pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa dalam pembelajaran Tematik kelas V SD Negeri ..................Download Contoh Lengkap PTK SD Kelas 1,2,3,4,5,6
Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas melalui Model Learning Cycle berbantu Media Video Pembelajaran. Penelitian dilaksanakan dalam 3 siklus, masing-masing siklus terdiri dari satu pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas VI SD Negeri ........... Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes (evaluasi) dan teknik non tes (observasi, wawancara, angket, dokumentasi, dan catatan lapangan). Teknik analisis data berupa kualitatif dan kuantitatif.
Hasil penelitian ini adalah keterampilan guru pada siklus I mendapatkan skor 25 dengan kriteria baik, siklus II mendapatkan skor 29 dengan kriteria baik, dan siklus III mendapatkan skor 37 dengan kriteria sangat baik. Aktivitas siswa pada siklus I mendapatkan skor 23,71 dengan kriteria cukup, siklus II mendapatkan skor 28,78 dengan kriteria baik, dan siklus III mendapatkan skor 33,03 dengan kriteria sangat baik. Hasil belajar siswa siklus I mendapatkan nilai rata-rata 75 dengan ketuntasan klasikal 67,85%, siklus II sebesar 78,75 dengan ketuntasan klasikal 78,57%, dan siklus III mendapatkan rata-rata sebesar 90,12 dengan ketuntasan klasikal 96,15%.
Simpulan dari penelitian ini adalah melalui Model Learning Cycle berbantu Media Video Pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan guru, aktivitas siswa, dan hasil belajar siswa kelas VI SD Negeri ............. dalam pembelajaran Tematik. Adapun saran yang diberikan adalah guru harus lebih inovatif dalam menggunakan metode dan media dalam pembelajaran. Perlu adanya peningkatan kualitas dari siswa, guru, dan sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran..
Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel Tematik yang diberi judul “PENGGUNAAN STRATEGI LEARNING CYCLE BERBANTU MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN TEMATIK PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI ............ TAHUN PELAJARAN 20../20... ”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.
PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file PTK lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN PTK 139 SD ).
Terima kasih telah berkunjung di blog kami yang
membahas tentang PTK Semoga .PTK ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK).