Minggu, 07 Februari 2021

DOWNLOAD CONTOH PTK BAHASA INGGRIS SMP KELAS VIII DOC

DOWNLOAD CONTOH PTK BAHASA INGGRIS SMP KELAS VIII DOC- Metode flipped classroom dapat dilaksanakan dengan langkah-langkah sebagai berikut: Sebelum kelas dimulai: Siswa mempelajari materi pelajaran di video android masing-masing tentang teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan maupun berbagai materi yang telah di berikan dan mengumpulkan beberapa pertanyaan yang mereka temukan, Guru menyiapkan materi pembelajaran dan dishare kepada siswa yang telah disiapkan. Awal kelas: Siswa telah menyiapkan pertanyaan-pertanyaan tertentu setelah mempelajari materi yang diberikan. Guru menyipakan segala pertanyaan yang mungkin diajukan oleh siswa dan mempersiapkan ruang diskusi untuk menyelesaikan pertanyaan yang mungkin muncul. Saat kelas berlangsung: Siswa berdiskusi di kelas bersama teman dan guru serta berlatih untuk meningkatkan kemampuan mereka sesuai dengan kemampuan yang diharapkan. ptk bahas inggris smp doc

Guru memposting materi pelajaran tambahan di android siswa yang sudah disiapkan untuk meningkatkan pengetahuan siswa. Diluar jam pelajaran: Siswa didorong untuk selalu mencari tahu hal-hal apa saja yang belum mereka pahami. Guru selalu membimbing siswa untuk pendalaman pemahaman siswa.Bukti-bukti yang menunjukkan peningkatan hasil belajar bahasa Inggris dengan menggunakan metode flipped classroom yaitu perolehan nilai rata-rata yang setiap siklusnya mengalami peningkatan. Nilai rata-rata nilai Bahasa Inggris materi Teks lisan dan tulis untuk menyatakan dan menanyakan tentang kemampuan dan kemauan melakukan suatu tindakan mengalami peningkatan yaitu pada siklus I sebesar 69.29, siklus II sebesar 87 dan siklus III sebesar 94,57.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel BHS INGGRIS SMP yang diberi judul “PENERAPAN METODE FLIPPED CLASSROOM DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INGGRIS KELAS VIII DI SMP .............. PADA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 20../20.. ”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file PTK BHS INGGRIS SMP lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN  PTK 118 SMP   ).proposal ptk smp kelas 8

A.PROPOSAL PTK BHS INGGRIS SMP DOC

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pendidikan merupakan suatu kekuatan yang dinamis dalam kehidupan setiap individu, yang mempengaruhi perkembangan fisiknya, daya, jiwa, sosial dan moralitasnya, atau dengan perkataan lain, pendidikan merupakan suatu kekuatan yang dinamis dalam mempengaruhi kemampuan, kepribadian dan kehidupan individu dalam pertemuan dan pergaulannya dengan sesama, serta hubungannya dengan Tuhan. Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan-kegiatan bimbingan, pengajaran, dan latihan bagi peranannya di masa yang akan datang.ptk smp kurikulum 2013

Mutu pendidikan sangat erat hubungannya dengan mutu siswa, karena siswa merupakan titik pusat proses belajar mengajar. Oleh karena itu, dalam meningkatkan mutu pendidikan harus diikuti dengan peningkatan mutu siswa. Peningkatan mutu siswa dapat dilihat pada tingginya tingkat prestasi belajar siswa, sedangkan tingginya tingkat prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh besarnya minat belajar siswa itu sendiri.

Masih rendahnya hasil belajar Bahasa Inggris disebabkan oleh masih dominannya kemampuan menghafal daripada kemampuan memproses sendiri pemahaman suatu materi. Selama ini, minat belajar siswa terhadap mata pelajaran Bahasa Inggris masih tergolong sangat rendah. Hal ini dapat dilihat pada sikap siswa selama mengikuti proses pembelajaran tidak fokus dan ramai sendiri. Bahkan ada sebagian siswa yang menganggap mata pelajaran Bahasa Inggris tidak begitu penting. Kondisi pembelajaran seperti inilah yang mengakibatkan siswa kurang aktif dan pembelajaran yang dilakukan kurang efektif. Disini guru dituntut untuk pandai menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa sehingga siswa kembali berminat mengikuti kegiatan belajar degan senang. 

Metode pembelajaran flipped classroom kegunaannya adalah untuk merangsang berfikir dalam situasi masalah yang komplek. Dalam hal ini akan menjawab permasalahan yang menganggap belajar di sekolah kurang bisa bermakna dalam kehidupan nyata di masyarakat. Penggunaan metode dalam pembelajaran sangat diutamakan guna menimbulkan gairah belajar, motivasi belajar, merangsang siswa berperan aktif dalam proses pembelajaran. Melalui metode flipped classroom diharapkan dapat lebih mempermudah pemahaman materi pelajaran yang diberikan dan nantinya dapat mempertinggi kualitas proses pembelajaran yang selanjutnya dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Diharapkan dengan menggunakan metode flipped classroom dalam proses pembelajaran Bahasa Inggris akan menarik minat siswa mengikuti kegiatan belajar sehingga akan meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga peneliti pada kesempatan ini menentukan judul penelitian “Penerapan Metode Flipped Classroom dalam Meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris Kelas VIII di SMP ...........pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 20../20....”.contoh ptk bhs inggris smp k13

B.CONTOH  PTK SMP LENGKAP TERBARU

BAB II
LANDASAN TEORI


A. Hasil Belajar
Menurut Nana Sudjana (2005:3), “Hakikat hasil belajar adalah perubahan tingkah laku individu yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik”. Menurut Nana Sudjana (2005:35), “Hasil belajar yang dicapai siswa dipengaruhi oleh dua faktor utama yakni faktor dari dalam diri siswa itu dan faktor yang datang dari luar diri siswa atau faktor lingkungan”. Faktor yang datang dari diri siswa terutama kemampuan yang dimilikinya. Faktor kemampuan siswa besar sekali pengaruhnya terhadap hasil belajar yang dicapai. Disamping faktor kemampuan yang dimiliki siswa, juga ada faktor lain, seperti motivasi belajar, minat dan perhatian, sikap dan kebiasaan belajar, ketekunan, sosial ekonomi, faktor fisik dan psikis. 
Hasil belajar merupakan segala upaya yang menyangkut hasil belajar otak (proses berfikir) terutama dalam ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Proses berfikir ini ada enam jenjang, mulai dari yang terendah sampai dengan jenjang tertinggi (Suharsimi Arikunto, 2003:114). Dikemukakan keenam jenjang tersebut adalah:
Pengetahuan (knowledge) yaitu kemampuan seseorang untuk mengingat kembali tentang nama, istilah, ide, gejala, rumus- rumus dan lain sebagainya, tanpa mengharapkan kemampuan untuk menggunakannya, pemahaman (comprehension) yakni kemampuan seseorang untuk memahami sesuatu setelah sesuatu itu diketahui dan diingat melalui penjelasan dari kata- katanya sendiri, penerapan (application) yaitu kesanggupan seseorang untuk menggunakan ide- ide umum, tata cara atau metode- metode, prinsip- prinsip, rumus- rumus, teori- teori, dan lain sebagainya dalam situasi yang baru dan kongkret, Analisis (analysis) yakni kemampuan seseorang untuk menguraikan suatu bahan atau keadaan menurut bagian- bagian yang lebih kecil dan mampu memahami hubungan diantara bagian- bagian tersebut, Sintesis (synthesis) adalah kemampuan berfikir memadukan bagian- bagian atau unsur- unsur secara logis, sehingga menjadi suatu pola yang baru dan terstruktur, Evaluasi (evaluation) yang merupakan jenjang berfikir paling tinggi dalam ranah kognitif menurut Taksonomi Bloom. Penelitian disini adalah kemampuan seseorang untuk membuat pertimbangan terhadap suatu situasi, nilai atau ide, atas beberapa pilihan kemudian menentukan pilihan nilai atau ide yang tepat sesuai kriteria yang ada (Anas Sudijono, 2005:50).download ptk bhs inggris smp kelas 8 doc

Dalam kegiatan belajar mengajar setiap guru selalu berusaha melakukan kegiatan pembelajaran secara efektif dan efisien dalam mencapai tujuan pembelajaran. Kegiatan pembelajaran secara efektif disini dimaksudkan agar pembelajaran tersebut dapat membawa hasil atau berhasil guna, dan kegiatan pembelajaran secara efisien dimaksudkan agar pembelajaran tersebut dapat berdaya guna atau tepat guna baik di lingkungan sekolah maupun dalam kehidupan bermasyarakat.

B. Metode Flipped Classroom
Dalam psikologi dan pendidikan, pembelajaran secara umum didefinisikan sebagai suatu proses yang menyatukan kognitif, emosional, dan lingkungan pengaruh dan pengalaman untuk memperoleh, meningkatkan, atau membuat perubahan pengetahuan satu, keterampilan, nilai, dan pandangan dunia (Ruseffendi, 2000). Ada tiga kategori utama atau kerangka filosofis mengenai teori-teori belajar, yaitu: teori belajar behaviorisme, teori belajar kognitivisme, dan teori belajar konstruktivisme. Teori belajar behaviorisme  hanya berfokus pada aspek objektif diamati pembelajaran. Teori kognitif melihat melampaui perilaku untuk menjelaskan pembelajaran berbasis otak. Dan pandangan konstruktivisme belajar sebagai sebuah proses di mana pelajar aktif membangun atau membangun ide-ide baru atau konsep.ptk smp kelas 8 kurikulum 2013

Teori konstruktivisme didefinisikan sebagai pembelajaran yang bersifat generatif, yaitu tindakan mencipta sesuatu makna dari apa yang dipelajari (Hamzah, 2001). Teori kontruktivisme lebih memahami belajar sebagai kegiatan manusia membangun atau menciptakan pengetahuan dengan memberi makna pada pengetahuannya sesuai dengan pengalamannya. Pengetahuan tidak bisa ditransfer dari guru kepada orang lain, karena setiap orang mempunyai skema sendiri tentang apa yang diketahuinya. Pembentukan pengetahuan merupakan proses kognitif dimana terjadi proses asimilasi dan akomodasi untuk mencapai suatu keseimbangan sehingga terbentuk suatu skema yang baru.

C.UNTUK MENDAPATKAN FILE LENGKAP BISA SMS/WA/TM KE 08172834988, ISI FILE SEPERTI YANG TERDAPAT DALAM DAFTAR ISI


DAFTAR ISI


HALAMAN JUDUL
PENGESAHAN
ABSTRAK
MOTO DAN PERSEMBAHAN
KATA PENGANTAR i
DAFTAR ISI ii
DAFTAR LAMPIRAN iii

BAB I   PENDAHULUAN
A. Latar Belakang 1
B. Rumusan Masalah 3
C. Tujuan Penelitian  3
D. Manfaat Penelitian 4

BAB II  LANDASAN TEORI 
A. Hasil Belajar Sejarah Indonesia 5
B. Metode Flipped classroom 6
C. Hipotesis Tindakan 12

BAB III METODE PENELITIAN
A. Desain Penelitian 13
B. Jenis Tindakan 16
C. Subjek Penelitian 18
D. Instrumen Penelitian 18
E. Teknik Pengumpulan Data 19
F. Teknik Analisis data 19

BAB IV HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
A. Hasil Penelitian 21
B. Pembahasan 40

BAB V KESIMPULAN DAN SARAN
A. Kesimpulan 44
B. Saran 45

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN 46
 
DAFTAR LAMPIRAN


1. Lampiran 1 RPP Siklus I 46
2. Lampiran 2 RPP Siklus II 52
3. Lampiran 3 RPP Siklus III 58
4. Lampiran 4 Soal Tes 64
5. Lampiran 5 Kunci Jawaban Tes 65
6. Lampiran 6 Hasil Tes Tiap Siklus Siswa 66
7. Lampiran 7 Jawaban Tes Siswa  67
8. Lampiran 8 Foto-foto Kegiatan Belajar Mengajar 69

Terima kasih telah berkunjung di blog kami yang membahas PTK BHS INGGRIS.Semoga .PTK ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + Rekomendasikan ini di Google untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di bawah. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.