Untuk itu peneliti dan kolaborator perlu mengadakan siklus berikutnya untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. 2) Pada Siklus II, pelaksanaan pembelajaran materi wujud benda dengan media visual sudah berjalan dengan baik. Hal itu ditunjukkan dengan meningkatnya minat siswa dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung dalam kelas. Hasil belajar yang diperoleh juga menunjukkan adanya peningkatan, baik hasil belajar secara kelompok maupun individu.
3) Berdasarkan tabel di atas terbukti adanya peningkatan dari temuan Pra Tindakan 70,91 dengan ketuntasan belajar 55%, setelah dilaksanakan tindakan pada siklus I diperoleh rata-rata hasil tes individu 83,64 dengan ketuntasan 100%, kemudian dilakukan perbaikan kembali pada siklus II diperoleh rata-rata tes menjadi 92,73 dengan persentase ketuntasan 100%. Hasil tersebut menunjukan peningkatan sebesar 21,82 poin dan ketuntasan belajar meningkat 45%. Sedangkan minat belajar ditemukan sangat baik setelah dilakukan tindakan dengan media visual, sehingga hasil belajar meningkat signifikan dari siklus I dengan rata-rata perolehan “Baik” dan meningkat menjadi “Sangat Baik” pada Siklus II.
Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel IPA KELAS III SD yang diberi judul “MENINGKATKAN MINAT BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS III SD ........ KABUPATEN ....... DENGAN MEDIA VISUAL PADA MATERI WUJUD BENDA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 20../20..”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.
PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file PTK IPA SD lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN PTK 079 SD ).