CONTOH PTS GURU DALAM MENYUSUN SOAL HOTS TERBARU DOC-Berdasarkan hasil pengamatan di lapangan terhadap instrumen-instrumen penilaian pencapaian kompetensi, yakni butir-butir soal di sekolah binaan saat melaksanakan pengawasan akademik, ditemukan bahwa penyusunan tes dan pengembangan butir soal masih banyak yang tidak valid dan reliabel. Dalam mengadakan ulangan harian, ulangan tengah semester, dan ulangan semester, guru hanya menyalin soal-soal dari LKS (lembar kerja siswa) dan atau menyalin dari buku-buku lainnya tanpa memperhatikan apakah soal-soal sesuai dengan indikator-indikator dan kompetensi dasar yang telah ditentukan atau tidak.
Mereka menyusun tes dan mengembangkan butir soal terkesan asal-asalan tidak sesuai dengan indikator-indikator dan kompetensi dasar yang telah ditentukan.. Dari sini peneliti tertarik untuk melalukan penelitian yang berjudul “Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Menyusun Soal-Soal HOTS Melalui Bimbingan Individual Pada SDN ......... Tahun Pelajaran ...........”..Hasil penelitian ini adalah dari hasil observasi yang di lakukan pada siklus 1 Dari hasil telah untuk penyusunan dan pengembagan soal-soal HOTS dari 8 orang guru diperoleh nilai rata-rata 85. Dari hasil kuesioner tentang sikap para guru terhadap bimbingan individual 72,84% setuju dan yang masih ragu 27,16%.
Ini menunjukkan sikap positif bagi guru terhadap bimbingan individual. Dari siklus 2 hasil telaah untuk penyusunan dan pengembangan soal-soal HOTS diperoleh nilai rata-rata 94. Prosentase kuesioner sikap positif guru pada pra siklus diperoleh 25,16% setuju terhadap model pembimbingan melalui bimbingan individual. Hal ini berarti bahwa guru kurang atau tidak menunjukkan respon positif terhadap bimbingan individual. Mereka menganggap bahwa menyusun butir soal tidak perlu bertele-tele yang penting ada. Namun setelah tindakan siklus I dan II melalui bimbingan individual respon positif mereka meningkat menjadi 72,84%. Dan setelah diberikan penguatan pada siklus II, meningkat menjadi 87,65 %. Ini menunjukkan peningkatan yang sangat signifikan.
Laporan penelitian tindakan sekolah [PTS] ini diberi judul “MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENYUSUN SOAL-SOAL HOTS MELALUI BIMBINGAN INDIVIDUAL PADA SDN .................... TAHUN PELAJARAN 20../20... ”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.
Terima kasih telah berkunjung di blog kami yang membahas PTS SD .Semoga .PTS ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Sekolah [PTS].