DOWNLOAD PTK PAI DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING MATERI PELAJARAN HARAKAT PADA SISWA KELAS II DI SD DOC-Secara singkat, hasil dari penelitian tindakan kelas menggunakan model problem based learning adalah sebagai berikut: 1) Peningkatan nilai rata-rata kelas dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 7,37 poin yaitu dari 85.26 menjadi 92.63 sedangkan pada siklus III memperoleh nilai rata-rata 99.47 sehingga jika dibandingkan dengan siklus II memiliki peningkatan 6,84 poin. Dan jika dibandingkan dengan siklus I terjadi peningkatan 14,21 poin. 2) Meningkatnya kategori nilai sangat signifikan dari tiap siklus. Meningkatnya rata-rata nilai tersebut disebabkan karena siswa mudah menyerap materi dengan metode belajar PBL.
Karena PBL dapat merangsang keterbukaan pikiran serta mendorong peserta didik untuk melakukan pembelajaran yang lebih kritis dan aktif. Metode PBL juga memberikan tantangan pada siswa sehingga mereka bisa memperoleh kepuasan dengan menemukan pengetahuan baru bagi dirinya sendiri. 3) Berdasarkan hasil observasi aktifitas siswa diperoleh informasi bahwa adanya peningkatan dalam aktifitas listening, oral, emotional, visual, writing, motor, mental, dan visual. Hal ini menunjukkan bahwa siswa mulai memberikan respon yang positif terhadap pelajaran yang diikutinya. Baik dalam mendengarkan dan memperhatikan materi belajar yang disampaikan, ataupun dalam bertanya tentang materi yang belum dimengerti maupun didalam mengemukakan pendapat.
Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel PAI yang diberi judul “ MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PAI DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING MATERI PELAJARAN HARAKAT PADA SISWA KELAS II DI SD ....... SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 20../20..”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.