Sabtu, 09 Oktober 2021

REFERENSI PEMBUATAN PTK SD KELAS VI MAPEL MATEMATIKA DOC

REFERENSI PEMBUATAN PTK SD KELAS VI MAPEL MATEMATIKA DOC-Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi hitung campuran adalah sebagai berikut. 1) sebelum menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD juga terlihat masih rendah. Tindak belajar akan dikatakan berhasil dalam belajar jika memperoleh nilai lebih besar sama dengan 80. Prestasi belajar siswa di ukur dari banyaknya siswa yang memperoleh nilai diatas rata-rata. Sebelum penelitian siswa yang mendapatkan nilai diatas rata-rata sebesar 71,43 dan siswa yang tuntas dalam pembelajaran hanya 57%..

 2) Setelah dilaksanakan tindakan pembelajaran dengan STAD diperoleh hasil observasi dari 7 siswa yang dapat a) Memahami materi pekerjaan hitung campuran dengan sangat baik, b) Dapat mengolah dan menganalisis informasi dari suatu permasalahan nyata dengan hitung campuran dengan sangat baik, c) Mampu merencanakan dan melaksanakan strategi dengan melakukan pekerjaan hitung campuran dengan sangat baik.3) Sedangkan hasil tes pada pra tindakan diperoleh rata-rata 71,43 sedangkan setelah tindakan STAD meningkat pada siklus I menjadi 91,43, pada siklus II diperoleh 94,29, dan pada siklus III didapatkan 97.14. Sedangkan nilai ketuntasan pada pra tindakan adalah 57%, setelah dilakukan tindakan STAD pada siklus I, II, dan III diperoleh ketuntasan 100%. 

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini, maka dalam upaya peningkatan hasil belajar matematika materi hitung campuran pada siswa kelas VI SD Inpres ...... semester ganjil tahun ajaran 2016/2017 melalui strategi pembelajaran kooperatif STAD, diajukan sejumlah saran sebagai berikut. 1) Terhadap kepala sekolah, harus bisa menjadi pemimpin dan penggerak perbaikan pembelajaran yang melibatkan guru. 

Hubungan guru dengan kepala sekolah dapat dikembangkan melalui kerja kolaboratif, kepala sekolah harus dapat melaksanakan pemantauan tehadap proses pembelajaran di kelas. Hal ini dapat digunakan untuk mengetahui situasi pembelajaran di kelas dan masalah-masalah yang muncul dari masing-masing kelas, kepala sekolah harus bersifat terbuka, bersedia menerima dan mendengarkan masukan berupa kritik dan saran dari guru dan siswa yang mengarah pada perbaikan serta berusaha mencari solusi dari masalah yang dihadapi. 2) Terhadap wali kelas, hendaknya harus lebih menguasai dasar materi matematika khususnya materi hitung campuran yang diajarkan dan menerapkan model pembelajaran yang lebih menarik

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel matematika SD yang diberi judul “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI HITUNG CAMPURAN MELALUI MODEL STAD PADA SISWA KELAS VI DI SD INPRES ....SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 20../20.. ”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file .. lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN  PTK 101 SD ).


Terima kasih telah berkunjung di blog kami yang membahas PTK MATEMATIKA SD. Semoga .PTK ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + Rekomendasikan ini di Google untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di bawah. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.