Jumat, 01 Juli 2022

CONTOH LENGKAP PTS TK METODE SUPERVISI AKADEMIK TERBARU DOC

CONTOH LENGKAP PTS TK METODE SUPERVISI AKADEMIK TERBARU DOC-Berdasarkan penjajakan awal yang penulis lakukan di TK Negeri Pembina ........., rata-rata guru TK Negeri Pembina........... masih kesulitan dalam mengajarkan kreativitas anak. Di antara indikator kreativitas anak adalah anak menghasilkan suatu bentuk, anak mempunyai rasa ingin tahu yang besar, anak mempunyai kemampuan menciptakan sendiri tanpa bantuan, anak dapat menjawab pertanyaan sederhana, anak memiliki tanggung jawab terhadap tugas yang di berikan guru.

Bertitik tolak dari pemikiran di atas, maka kepala sekolah hendak meningkatkan kemampuan guru dalam mengajar kreativitas anak melalui supervisi akademik. 

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (School Action Research).Penelitian ini akan dilaksanakan di TK Negeri Pembina .......... Penelitian akan dilakukan pada semester 2 Tahun 2020. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancacara dan dokumentasi.

Pada pra siklus peneliti baru mengamati seberapa besar kemampuan guru dalam mengajar kreativitas anak dan ternyata hasilnya sangat rendah yakni mendapat skor rata-rata hanya mencapai 6,4 artinya kemampuan guru dalam mengajar kreativitas anak kurang baik

Di lihat dari Hasil supervisi ada peningkatan skor rata-rata dari pra siklus ke siklus I, dimana hasil skor rata-rata observasi pra siklus hanya mencapai skor 5 sementara pada siklus I mencapai 11,4 yang artinya kemampuan guru dalam mengajar kreativitas anak baik.

Selanjutnya pada siklus II Hasil supervisi mencapai skor 15,8 artinya Kemampuan guru dalam mengajar kreativitas anak sangat baik.

Supervisi akademik di TK Negeri Pembina ........dapat dilakukan melalui pengamatan dan pemantauan kepala sekolah dalam supervisi akademik. Dari hasil analisis diperoleh hasil bahwa, Supervisi akademik sangat efektif untuk meningkatakan kemampuan guru dalam mengajar kreativitas anak, karena guru memiliki kesempatan mendiskusikan secara bersama-sama untuk mengkaji dan memecahkan permasalahan berdasarkan keadaan di lapangan, kemudian dapat memperbaikinya atau melakukan tindak lanjut pada siklus berikutnya secara terus menerus apabila masalah belum terselesaikan.

Laporan penelitian tindakan sekolah [PTS] ini  diberi judul “ MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGAJAR KREATIVITAS ANAK MELALUI SUPERVISI AKADEMIK  PADA GURU-GURU TK NEGERI PEMBINA........... KABUPATEN ............ TAHUN PELAJARAN 20../20...”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.

PTS ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file PTS TK  lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTS dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN  PTS 021 TK    ).


Terima kasih telah berkunjung di blog kami yang membahas PTS TK .Semoga .PTS ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Sekolah [PTS].