Selasa, 06 September 2022

CONTOH LENGKAP PTK MATEMATIKA SD METODE TIPE PAIR CHECK

CONTOH LENGKAP PTK MATEMATIKA SD METODE TIPE PAIR CHECK-Efektivitas suatu pembelajaran tidak hanya ditentukan oleh model pembelajaran yang digunakan, namun pemanfaatan media yang tepat akan dapat memaksimalkan hasil belajar. Pengunaan sumber multimedia  yang menunjang dari aspek pembelajaran terpadu memberikan manfaat dalam pengajaran dan penilaian matematika di sekolah (Herrington, 2008: 109). Dengan demikian diharapkan penerapan model pembelajaran Pair Check akan semakin menambah variasi model pembelajaran yang lebih  menarik,  menyenangkan,  melibatkan  siswa,  meningkatkan kerjasama siswa dan meningkatkan prestasi belajar siswa. Berdasarkan uraian di atas, maka penelitian ini berjudul “ Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Check Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Statistika Data Siswa Kelas VI SD Negeri ........... Tahun Pelajaran ..................”.

Berdasarkan hasil penelitian peningkatan kualitas pembelajaran Matematika melalui model pembelajaran Cooperative tipe Pair Check pada siswa kelas VI SD Negeri ......... maka dapat disimpulkan beberapa hal sebagai berikut:

Keterampilan guru pada pembelajaran Matematika meningkat dan telah mencapai indikator keberhasilan yaitu dengan kriteria baik (skor 16). Pada siklus I skor yang diperoleh adalah 17,5 dengan kriteria baik dan pada siklus II mengalami peningkatan dengan jumlah skor 27 dengan kriteria sangat baik.

Aktivitas siswa pada pembelajaran matematika mengalami peningkatan pada tiap siklusnya, dari skor 1,.7 dengan kriteria baik pada siklus I,  meningkat menjadi skor 22,3 dengan kriteria sangat baik pada siklus II.

Hasil belajar siswa dalam pembelajaran Matematika mengalami peningkatan, nilai rata-rata pada  Pada siklus I ketuntasan klasikal 76,32% (29 dari 38 siswa) dengan nilai rata-rata kelas adalah 82,58 dan pada siklus II meningkat menjadi 97,37% (37 dari 38 siswa) dengan nilai rata-rata 88,97. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditetapkan adalah ≥ 80.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel matematika yang diberi judul “ PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PAIR CHECK UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK STATISTIKA DATA SISWA KELAS VI SD NEGERI ........... TAHUN PELAJARAN ......20../20..”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file PTK lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN  PTK 129 SD  ).



Terima kasih telah berkunjung di blog kami yang membahas tentang PTK Semoga .PTK ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).