CONTOH REFERENSI PTK MATEMATIKA SMP KELAS IX KUMER-Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah model Pembelajaran kooperatif tipe Trade a Problem dapat meningkatkan keaktifan dan hasil belajar peserta didik pada materi pokok bangun ruang sisi datar kelas IX SMP Negeri 14 ...............Tahun Pelajaran ...........................
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research). Adapun dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan metode interview (wawancara), dokumentasi, tes, dan observasi.
Pelaksanaan penelitian dibagi dalam tiga siklus yaitu pra siklus, siklus I dan siklus II. Pada pra siklus, hasi l belajar peserta didik diperoleh dari evaluasi sebelum diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Trade a Problem. Pada siklus I dan II terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Hasil pengamatan dan refleksi akan dijadikan bahan rujukan untuk pelaksanaan si klus berikutnya. Sehi ngga proses dan hasil pelaksanaan si klus berikutnya diharapkan akan lebih baik dari siklus sebelumnya. Dari tiap siklus akan diukur keaktifan, hasil belajar dan ketuntasan hasil belajar peserta didik
.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pra siklus diperoleh rata-rata keaktifan, hasil belajar dan ketuntasan belajar pada pra siklus adalah 48,15%. Setelah dilakukan siklus I peserta didik yang tuntas belajar atau yang mendapat nilai ≥71 sebanyak 27 peserta didik atau 70,37% dan yang tidak tuntas belajar atau yang mendapat nilai <71 sebanyak 8 peserta didik atau 29,63%. Nilai rata-rata kelas yang dicapai sebesar 74,96, serta rata-rata keaktifan peserta belajar didik 73,70%. Secara garis besar pelaksanaan pembelajaran siklus I masih perlu diperbaiki agar terjadi peningkatan sesuai dengan indikator keberhasilan yang diharapkan yakni nilai rata-rata kelas ≥71 dengan ketuntasan klasikal 85%.
Pada siklus II peserta didik yang tuntas belajar atau yang mendapat nilai ≥71 sebanyak 27 peserta didik atau 96,30% dan masih ada 1 siswa atau 3,70% siswa yang tidak tuntas belajar. Nilai rata-rata kelas yang dicapai sebesar 83,52 serta rata-rata keaktifan belajar peserta didik meningkat menjadi 85,19%. Hasil pada siklus II menunjukkan peningkatan dari siklus sebelumnya dengan indikator keberhasilan sudah terpenuhi
Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel matematika yang diberi judul “UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI POKOK PERSAMAAN KUADRAT MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TRADE A PROBLEM SISWA KELAS IX SMP NEGERI ..........TAHUN PELAJARAN ,20../20...”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.
PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file PTK lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN PTK 144 SMP ).
Jika rekan pendidik tidak
mau repot, atau kurang memiliki waktu senggang dalam pembuatan PTK, rekan
pendidik dapat meminta bantuan untuk dibuatkan PTK kepada kami, Rekan pendidik
bisa menghubungi saya di WA: 081-7283-4988 Harapan kami, Semoga postingan kali ini bermanfaat!
Terima kasih telah berkunjung di blog kami yang
membahas tentang PTK Semoga .PTK ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK).