DOWNLOAD CONTOH PTK PAI UNTUK SMP KELAS VIII MATERI TERBARU-Keaktifan dan hasil belajar siswa kelas VIII G SMP Negeri .......... dalam kegiatan pembelajaran belum maksimal. Hal ini dibuktikan dengan rendahnya tingkat keaktifan dan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Penyebabnya adalah pada proses pembelajaran guru lebih menguasai kelas dan hanya sedikit siswa yang diberikan kesempatan untuk mengembangkan argumennya. Akibatnya siswa tidak mengetahui materi cenderung diam dan tidak bertanya. Selain itu, banyak siswa kurang konsentrasi dalam mengikuti proses pembelajaran PAI dan memiliki sifat lupa, sehingga perlu adanya peninjauan ulang terhadap materi yang dijelaskan guru. Salah satunya adalah penerapan metode pembelajaran index card match. Metode pembelajaran index card match adalah salah satu strategi pembelajaran yang mampu meningkatkan keaktifan siswa di dalam kelas dan kinerja guru dalam mengelola proses pembelajaran. Permasalahan yang diajukan dalam penelitian ini adalah apakah dengan menggunakan metode pembelajaran index card match (ICM) dapat meningkatkan keaktifan siswa kelas VIII G SMP Negeri ..............tahun ajaran .................?
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas VIII G SMP Negeri ....................... tahun ajaran ....... Penelitian difokuskan pada keaktifan dan hasil belajar siswa. Data diperoleh melalui observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis yang digunakan melalui dua bentuk yakni analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode pembelajaran index card match dalam pembelajaran PAI dapat meningkatkan keaktifan siswa, kinerja guru, dan hasil belajar dalam proses pembelajaran. Peningkatan keaktifan siswa terbukti dengan sebelum diadakan penelitian, pada pra siklus diperoleh rata-rata keaktifan siswa dengan persentase sebesar 52,35%. Setelah dilaksanakan penelitian tindakan kelas pada siklus I diperoleh rata-rata keaktifan siswa dengan persentase sebesar 70,22%. Pada siklus II ini rata-rata keaktifan siswa dengan persentase mencapai indikator pencapaian yakni ≥75% yaitu mencapai 90,60%. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa pra siklus 48,28%, pada siklus I meningkat menjadi 72,45% dan meningkat menjadi 100% pada siklus II.
PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file PTK lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN PTK 143 SMP ).
Terima kasih telah berkunjung di blog kami yang
membahas tentang PTK Semoga .PTK ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian
Tindakan Kelas (PTK).