Rabu, 30 Mei 2018

CONTOH LENGKAP PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH UNTUK KEPALA SEKOLAH SD

CONTOH LENGKAP PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH UNTUK KEPALA SEKOLAH SD-Guru diwajibkan membuat RPP yang lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan peluang yang cukup bagi prakarsa, kreaifitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologi peserta didik. Model ini untuk memenuhi tuntutan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 41 tahun 2007, selanjutnya dalam penelitian ini disebut RPP Inovatif, merupakan hal baru bagi guru.. Guru diwajibkan untuk melaksanakan pembelajaran yang meliputi proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi untuk mengubah paradigma pendidikan yaitu dari paradigma pengajaran ke paradigma pembelajaran. Download PTS SD pdf

Sebuah kendala bagi guru, karena harus meninggalkan strategi pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centre oriented) ke strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centre oriented). Manfaat penelitian ini, khususnya bagi guru-guru yang menjadi subjek penelitian, adalah meningkatnya komitmen dan kemampuan guru. Sehingga dapat membuat RPP Inovatif untuk memenuhi tuntutan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 41 tahun 2007 dan memudahkan guru dalam menghadapi sertifikasi. Manfaat dalam memeperkaya pola-pola pembinaan guru adalah pola Kerja Praktek yang efektif dan efisien. Metode Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan dengan model Stephen Kemmis. Strategi Kerja Praktek dengan Teknik Umpan Balik, dirancang dalam 3 (tiga) siklus. Hasil penelitian : 1). Terjadinya peningkatan komitmen guru-guru menyusun RPP inovatif, yaitu sebanyak 94% guru-guru mampu mencapai nilai 4,00-5,00 dalam skala 1-5, dan 2). Contoh PTS Kepala Sekolah Berprestasi Terjadinya peningkatan kemampuan guru-guru menyusun RPP Inovatif, yaitu sebanyak 88% guru mampu mencapai nilai 4,00-5,00 dalam skala 1-5. Kesimpulan penelitian ini, bahwa Strategi Kerja Praktek dengan Teknik Umpan Balik dapat meningkatkan kinerja guru-guru ……….. menyusun RPP Inovatif. Contoh PTS Kepala Sekolah Berprestasi

Laporan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini  diberi judul “PENINGKATAN   KINERJA GURU-GURU….DALAM MENYUSUN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) INOVATIF MELALUI KERJA PRAKTEK DENGAN TEKNIK UMPAN BALIK”. Disini akan di bahas lengkap.

PTS ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan FILE Penelitian Tindakan Sekolah (PTS)  lengkap dalam bentuk MS WORD SIAP DI EDIT dari BAB 1 – BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTS dapat (SMS ke 081-7283-4988  dengan Format PESAN PTS 006).

A.CONTOH PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH SD LENGKAP

 BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah
Berlakunya Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.18 tahun 2007 tentang Sertifikasi Guru Dalam Jabatan mewajibkan guru untuk memiliki Sertifikat Pendidik melalui ujian Sertifikasi. Download PTS bagi Kepala Sekolah doc Salah satu kompetensi yang dituntut adalah kompetensi pedagogik, dari merencanakan pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, melaksanakan evaluasi dan analisis hasil evaluasi serta tindak lanjut. Dari puluhan guru yang berada di bawah binaan penulis tak seorangpun mampu menunjukkan dan menggunakan RPP sesuai dengan pedoman penilaian sertifikasi. Khusus di ………, terdapat 3 (tiga) orang guru yang mengikuti sertifikasi. Namun tak satupun mampu menunjukkan RPP yang sesuai dengan pedoman sertifikasi. Contoh laporan PTS Pengawas dan Kepala Sekolah
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 tahun 2007 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah, merupakan acuan utama bagi guru dalam merencanakan proses pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, penilaian serta tindak lanjutnya. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 tahun 2007 telah disahkan pada tanggal 28 Maret 2007. Namun, hingga penelitian ini dilaksanakan RPP yang ditunjukkan guru-guru  umumnya masih menggunakan skenario pembelajaran konvensional.
Masih dominan pendekatan pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher centre oriented). Menggunakan strategi pembelajaran ekspositori dengan didominasi oleh metode ceramah, diskusi dan tanya jawab. Download Penelitian Tindakan Sekolah pdf Hampir tidak ada RPP yang menggunakan strategi pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centre oriented) dengan pendekatan diskoveri inkuiri. Tidak tampak adanya proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi oleh siswa.
Pembuatan RPP adalah sangat urgen, menurut Hamzah B. Uno (2006:4) : Perbaikan kualitas pembelajaran haruslah diawali dengan perbaikan desain pembelajaran. Perencanaan Pembelajaran dapat dijadikan titik awal dari upaya perbaikan kualitas pembelajaran.
B. Identifikasi masalah
Beberapa faktor yang diduga sebagai penyebab terjadinya hal itu antara lain :
1) Kurangnya tuntutan supervisor (Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah), karena masih memperkenankan penggunaan RPP buatan ……., dengan anggapan bahwa karya bersama dan dalam tingkat yang lebih tinggi pasti lebih baik. Download PTS bagi Kepala Sekolah doc Walau dalam kenyataan tidak selalu sesuai dengan kondisi sekolah masing-masing.
2) Selama ini guru-guru terlena, karena telah ada RPP buatan Tim ……. Kabupaten. Walau RPP itu hanya ditunjukkan kepada pengawas sebagai bukti fisik. Namun, pelaksanaan di depan kelas berbeda dengan skenario yang tertulis dalam RPP tersebut.
Dengan demikian,  ada dua faktor yang perlu mendapat perhatian yaitu :
1) Komitmen guru.
Sebagian besar guru terlena, hanya menggunakan RPP buatan ……. dengan anggapan bahwa karya bersama dalam tingkat yang lebih tinggi pasti lebih baik. RPP itupun hanya sebagai bukti pisik saat ada supervisi. Contoh PTS Kepala Sekolah Berprestasi
2) Kemampuan guru.
Akibat terlena, maka sebagian besar guru-guru tidak memiliki pengalaman belajar dalam menyusun RPP. Tidak adanya pengalaman belajar, menyebabkan guru tidak memiliki ketrampilan menyusun RPP.
Pentingnya pengalaman belajar dalam meningkatkan ketrampilan guru menyusun RPP, dapat dikaji dari pendapat beberapa ahli berikut ini. Kajian itu diharapkan dapat mengarahkan jalan pikiran menuju pemecahan masalah yaitu :
 Peter Sheal :
Menurut Peter Sheal (dalam Depdiknas 2003 : 7), pengalaman belajar paling optimal akan terjadi jika kegiatan pembelajaran sampai pada tingkat melakukan dan mengatakan (dalam hal ini kerja praktek dan presentasi hasil kerja). Download PTS SD pdf
Kerucut Pengalaman Belajar Peter Sheal
J. Peaget :
J. Peaget (dalam Ahmad Rohani, 2004:7) mengatakan : Seseorang berpikir sepanjang berbuat. Tanpa berbuat seseorang tidak akan berpikir. Contoh laporan PTS Pengawas dan Kepala Sekolah Agar ia berpikir sendiri (aktif) maka ia harus diberi kesempatan untuk berbuat sendiri.
 Konsep learning by doing :
Banyak cara untuk belajar, diantaranya belajar melalui bekerja (learning by doing) yang telah sangat populer dalam dunia pendidikan.
 Kata-kata mutiara kuno :
Kata-kata mutiara kuno yang sangat terkenal “saya mendengar maka saya lupa, saya melihat maka saya ingat, saya mengerjakan maka saya  mengerti” , masih sangat relevan hingga saat ini.
Maka “Kerja Praktek” adalah pilihan strategi yang diharapkan mampu mengatasi masalah rendahnya komitmen dan kemampuan guru-guru menyusun RPP. “Teknik Umpan Balik” terhadap hasil kerja para guru diharapkan dapat memberikan penguatan dan arah untuk melakukan penyempurnaan RPP. Download Penelitian Tindakan Sekolah pdf
Untuk memenuhi tuntutan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 tahun 2007 yang mengubah paradigma proses pendidikan dari pengajaran menjadi pembelajaran dan mengubah strategi ekspositori menjadi diskoveri inkuiri, diperlukan model RPP baru yang selanjutnya dalam penelitian ini disebut “RPP INOVATIF”.
Alasan khusus bahwa penelitian ini dilakukan di ……….. karena sekolah tersebut adalah sekolah binaan penulis. Lain dari pada itu profil ……….. sekolah yang memiliki beberapa keterbatasan dalam standar pendidik, yaitu sebanyak 31 % guru-guru ………..adalah guru non PNS.
C.  Rumusan Masalah dan Langkah-langkah Pemecahan Masalah
Masalah-masalah pokok dalam penelitian ini adalah :
1. Apakah Kerja Praktek dengan Teknik Umpan Balik dapat meningkatkan komitmen guru-guru ………..menyusun RPP Inovatif ? Download PTS bagi Kepala Sekolah doc
2. Apakah Kerja Praktek dengan Teknik Umpan Balik dapat meningkatkan kemampuan guru-guru ………..menyusun RPP Inovatif?
Langkah-langkah dan urutan pemecahan masalah dalam penelitian ini adalah :
D. Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui :
1) Peningkatan komitmen guru-guru ………..menyusun RPP Inovatif dalam kegiatan Kerja Praktek dengan teknik Umpan Balik. Download PTS SD pdf
2) Peningkatan kemampuan guru-guru ………..menyusun RPP Inovatif dalam kegiatan Kerja Praktek dengan teknik Umpan Balik.
E. Manfaat Penelitian
1. Sebagai contoh (model) pola pembinaan guru yang efektif dan efisien
Pola-pola pembinaan guru selama ini menggunakan pola ekspos fakto. Dengan stretegi kerja praktek, pembinaan akan lebih efektif karena peserta didik diberi kesempatan melaksanakan praktek dan presentasi untuk mendapatkan pengalaman belajar dan ketrampilan. Pola kerja praktek juga sangat efisien karena tidak menggunakan waktu khusus, dapat dilakukan guru kapan dan dimana saja.
2. Peningkatan Kompetensi Pengawas.
Salah satu kompetensi Pengawas Satuan Pendidikan dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.12 tahun 2007 adalah kompetensi Supervisi Akademik. Salah satu sub kompetensi adalah “membimbing guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)” , maka penelitian ini sangat bermanfaat dalam menciptakan model RPP yang memenuhi Permendiknas No.41 tahun 2007. Contoh laporan PTS Pengawas dan Kepala Sekolah
3. Peningkatan Kompetensi Pedagogik Pendidik .
RPP Inovatif, adalah RPP yang memenuhi tuntutan Permendiknas No.41 tahun 2007. Guru-guru ……….., kemampuan menyusun RPP Inovatif, meningkatkan kompetensi pedagogik dalam penilaian sertifikasi, juga dapat memperbaiki kualitas pembelajaran di kelas. Download PTS SD pdf

B.DOWNLOAD  PTS KEPALA SEKOLAH SD TERBARU

BAB II
KAJIAN PUSTAKA

A.  Peraturan Menteri Pendidikan Nasional NO.41 tahun 2007 dan RPP Inovatif
1.  Peranturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 tahun 2007
Peranturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 tahun 2007 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah merupakan acuan utama guru-guru dalam Merencanakan Proses Pembelajaran, Melaksanakan Proses Pembelajaran, Melaksanakan Evaluasi Hasil Pembelajaran serta mengatur pula tentang Pengawasan Proses Pembelajaran, Pelaporan dan Tindak Lanjut. Download PTS bagi Kepala Sekolah doc
Dalam Peraturan Menteri tersebut, diamanatkan bahwa pembelajaran harus berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan peluang yang cukup bagi prakarsa, kreaifitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat dan perkembangan fisik serta psikologi peserta didik.
Sebagian telah disebutkan pada bab I, filosofi dan pokok-pokok pikiran yang tertuang di dalamnya yaitu :
1) Perubahan paradigma proses pendidikan dari paradigma pengajaran menjadi  paradigma pembelajaran ; Contoh PTS Kepala Sekolah Berprestasi
2) Perubahan pendekatan pembelajaran dari teacher centre oriented menjadi student centre oriented ;
3) Perubahan strategi pembelajaran dari strategi ekspositori menjadi strategi diskoveri inkuiri ;
2. RPP Inovatif
Innovation dalam Kamus Inggris-Indonesia (1984:323) berarti pembaharuan atau perubahan (secara) baru. RPP Inovatif adalah RPP pembaharuan yaitu RPP yang mengacu pada Peranturan Menteri Pendidikan Nasional No. 41 tahun 2007 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Download PTS SD pdf
Letak pembaharuan pada RPP Inovatif yaitu :
• Strategi pembelajaran adalah “student centre oriented” dengan pendekatan “diskoveri inkuiri”.
• Secara tegas mencantumkan proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi.
– Eksplorasi, adalah tahap pengumpulan informasi yang luas dan mendalam tentang materi (fakta dan konsep) yang dipelajari.
– Elaborasi, adalah tahap pengolahan/analisis informasi, membuat hipoptesis, menyelesaikan masalah, atau memunculkan gagasan baru, baik secara lisan maupun tulisan.
– Konfirmasi, adalah tahap mengkomunikasikan hasil eksplorasi dan elaborasi, melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar dan umpan balik serta penguatan oleh guru. Contoh laporan PTS Pengawas dan Kepala Sekolah
• Mengadopsi “model-model pembelajaran Inovatif ” dengan langkah-langkah atau syntax yang sudah baku pada masing-masing model pembelajaran.
• Dilengkapi Tugas Terstruktur dan Kegiatan Mandiri Tak Terstruktur.
Pemberian tugas terstruktur dan kegiatan mandiri tak tersruktur adalah hal wajib dalam pelaksanaan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP).
– Untuk sekolah standar, alokasi waktu 0% – 60% dari alokasi waktu tatap muka, diprogramkan sebagai pengembangan dan pengganti istilah ko-kurikuler atau tugas rumah.
– Untuk sekolah dengan kategori mandiri dengan sistem SKS setiap 45 menit kegiatan tatap muka, wajib melaksanakan Penugasan Terstruktur dan Kegiatan Mandiri tak terstruktur dengan alokasi waktu 25 menit. Download PTS bagi Kepala Sekolah doc
3. Pendapat Penulis
Pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student centre oriented) dengan stsrtegi diskoveri inkuiri adalah wajib sebagai pengganti techer centre oriented dengan strategi ekspositori. Selama ini peserta didik hanya dijejali pengetahuan tanpa diberi kesempatan untuk memperoleh pengalaman belajar. Dengan perubahan paradigma dari “pengajaran menjadi pembelajaran” melalui proses eksplorasi, elaborasi dan konfirmasi diharapkan peserta didik dapat memperoleh pengalaman belajar di kelas. Pemberian tugas terstruktur dan kegiatan mandiri tak terstruktur akan memberikan pengalaman belajar mandiri bagi siswa.
Penerapan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.41 tahun 2007 oleh guru-guru adalah hal yang sulit, karena adanya beberapa penghambat yaitu:
 Pertama, kebiasaan lama (konvensional) yang telah melekat pada pola pembelajaran guru yaitu “teacher centre oriented” dengan strstegi ekspositori, akan merupakan hambatan tersendiri bagi guru-guru untuk mengubahnya menjadi “student centre oriented” dengan strstegi diskoveri inkuiri dalam RPP Inovatif. Contoh laporan PTS Pengawas dan Kepala Sekolah
 Kedua, dalam ekspositori para guru terbiasa menggunakan metoda ceramah, tanya jawab dan diskusi konvensional. Amat jarang guru-guru menggunakan metoda pembelajaran yang mendukung startegi diskoveri inkuiri. Download Penelitian Tindakan Sekolah pdf
Ada dua pola perumusan langkah-langkah pembelajaran untuk membuat RPP Inovatif yaitu pola konvensional dan pola Inovatif seperti diagram alur berikut ini :
Pola KonvensionalPola Inovatif
B.  Kompetensi, Kemampuan dan Komitmen Guru
1.   Kompetensi Guru
Kompetensi menurut Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas (Dalam Perangkat Penilaian KTSP, 2007:39), adalah kemampuan yang meliputi pengatahuan, ketrampilan, sikap dan nilai-nilai yang diwujudkan melalui kebiasaan berpikir dan bertindak. Setiap guru dituntut memiliki empat kompetensi, seperti diatur dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.16 tahun 2007 meliputi : Contoh PTS Kepala Sekolah Berprestasi
a. Kompetensi pedagogik ;
b. Kompetensi kepribadian ;
c. Kompetensi profesional; dan
d. Kompetensi sosial.
Kompetensi pedagogik terkait dengan kemampuan dan komitmen guru dalam merancang pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, mengevaluasi, melaksanakan analisis hasil evaluasi serta melaksanakan program remidial dan pengayaan. Kompetensi meliputi ranah kognitif, psikomotor dan afektif. Dalam hal penyusunan RPP, kognitifnya adalah pengetahuan tentang prosedur penyusunan RPP, psikomotornya adalah ketrampilan menyusun RPP, dan afektifnya adalah komitmen dalam menyusun RPP. Download PTS SD pdf
2.   Kemampuan dan Komitmen Guru
Model analisis mengenai situasi belajar mengajar yang dikemukakan disini adalah model analisis dari Gleackman (Dalam Sahertian & Ida Aleida, 1981:41), yang disebut Paradigma Kategori Guru. Dalam model analisis tersebut, perkembangan guru dipandang dari dua segi yakni : kemampuan dan komitmen, yaitu berpikir abstrak/imajinatif dan keterlibatan aktif dalam tanggung jawab yang mendalam.
1).  Kemampuan Guru
Menurut Sahertian & Ida Aleida (1992:42), guru yang tingkat berpikirnya abstrak dan imajinatif yang tinggi, punya kemampuan untuk berdiri di depan kelas dan dengan mudah menghadapi masalah-masalah belajar mengajar seperti manajemen kelas, disiplin, menghadapi sikap acuh tak acuh dari siswa, dan mampu menentukan alternatif pemecahan masalah. Ia juga dapat merancang berbagai program belajar, dan dapat memimpin siswa dari berpikir nyata ke berpikir konseptual.
2).  Komitmen Guru
Menurut Glickman (dalam Sahertian,1994:44) : Yang dimaksud dengan komitmen adalah kecendrungan dalam diri seseorang untuk merasa terlibat aktif dengan penuh rasa tanggungjawab.  Download Penelitian Tindakan Sekolah pdf Komitmen lebih luas dari kepedulian, sebab dalam pengertian komitmen tercakup arti “usaha dan dorongan serta waktu yang cukup banyak”.
Konsekwensi dari komitmen ini, guru harus menyediakan waktu dan energi dalam melaksanakan tugasnya. Komitmen ini tidak diperoleh sejak lahir, tetapi harus dipelajari dan dikenal, bagaimana membentuk rasa cinta pada tugas sebagai guru.   Seorang guru yang punya komitmen tinggi akan memiliki kepedulian terhadap tugas, kebutuhan siswa, teman sejawat atau atasan langsung. Ia punya komitmen terhadap tugas yang dibebankannya, termasuk tanggungjawab terhadap bangsa, negara dan sesama manusia.
Dari pengertian kompetensi yaitu kemampuan yang meliputi pengatahuan, ketrampilan, sikap dan nilai-nilai yang diwujudkan melalui kebiasaan berpikir dan bertindak, maka komitmen menyangkut aspek sikap dan nilai. Download PTS bagi Kepala Sekolah doc Sikap merupakan suatu kecendrungan untuk bertindak secara suka atau tidak suka terhadap suatu objek dan Nilai merupakan suatu keyakinan terhadap perbuatan, tindakan, atau perilaku yang dianggap baik dan yang dianggap buruk.
3.   Pendapat Penulis
Seorang guru yang profesional  harus memiliki kompetensi lengkap yang meliputi pengetahuan, ketrampilan dan sikap/prilaku.
 Pertama, dia harus mempunyai kemampuan kognitif, yaitu memiliki pengetahuan yang memadai baik pengetahuan tentang materi pelajaran maupun strategi atau model-model pembelajaran. Pengetahuan tentang strategi atau model-model pembelajaran, guru tak hanya mahir dengan strategi ekspositori tapi juga harus mampu melaksanakan pembelajaran dengan strategi diskoveri inkuiri.
 Kedua, dia juga harus memiliki kemampuan psikomotor atau ketrampilan. Baik ketrampilan dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran maupun ketrampilan untuk melaksanakannya. Download PTS SD pdf Dengan kata lain, dia harus dapat menulis apa yang akan dilakukan dan sebaliknya juga harus mampu melaksanakan apa yang telah ditulisnya.
 Ketiga, dia harus memiliki kemampuan afektif (sikap, minat, konsep diri, nilai dan moral) untuk mampu menjadi guru yang patut diteladani. Dia harus memiliki disiplin, etos kerja dan dedikasi yang tinggi untuk memcapai keberhasilan dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Contoh PTS Kepala Sekolah Berprestasi
Ketiga ranah kompetensi itu dapat dikelompokkan menjadi dua yaitu kemampuan dan komitmen. Kemampuan meliputi pengetahuan dan ketrampilan, komitmen meliputi dorongan, usaha dan penyediaan waktu yang cukup banyak. Keduanya sangat menentukan keberhasilan guru dalam  melaksanakan tugas profesinya.
C.  Motivasi
1.   Teori Motivasi Abraham H. Maslow
Untuk mencapai keberhasilan sebuah program, adalah sangat penting untuk menumbuhkan motivasi berprestasi pada guru-guru. Masalah motivasi sangat berhubungan dengan kebutuhan seseorang. Abraham H. Maslow (dalam Sugeng Paranto, 1981:4) menggolongkan kebutuhan manusia secara hirarkhi sebagai sebuah piramida dari kebutuhan yang paling mendasar sampai pada kebutuhan yang paling tinggi yaitu :
1.  Kebutuhan fisiologis : makan, minum, tidur, dan lain-lain ;
2.  Kebutuhan akan rasa aman ;
3.  Kebutuhan akan pengakuan, penerimaan, kasih sayang, dan lain-lain ;
2.  Peranan Motivasi
Ahmad Rohani (2004:12) mengatakan : Memang seorang individu akan terdorong melakukan sesuatu bila merasakan ada kebutuhan. Download PTS bagi Kepala Sekolah doc Kebutuhan ini yang menimbulkan ketidakseimbangan, rasa ketegangan yang menuntut kepuasan supaya kembali pada keadaan keseimbangan (balancing).
Sehubungan pentingnya motivasi untuk mencapai sukses dalam belajar, Sardiman (1994:98) mengatakan bahwa peranan motivasi belajar yang khas adalah dalam hal penumbuhan gairah, merasa senang dan semangat untuk belajar.
3.  Pendapat Penulis
Meningkatnya kemampuan guru-guru serta tumbuhnya komitmen guru-guru dalam membuat RPP Inovatif sangat tergantung dari seberapa besar motivasi yang dimilikinya. Motivasi itu dapat dirangsang oleh faktor dari luar (motivasi ekstrinsik) tetapi motivasi itu adalah tumbuh di dalam diri seseorang (motivasi instrinsik).
Sebagai supervisor, seyogyanya memperhatikan prinsip-prinsip menumbuhkan motivasi antara lain : pemberian tantangan, keterlibatan harga diri, penghargaan, persaingan, kerjasama.
Sesuai dengan teori, kebutuhan manusia berjenjang. Download PTS SD pdfDengan asumsi bahwa kebutuhan dasar seperti kebutuhan fisiologis, kebutuhan akan rasa aman, kebutuhan akan pengakuan, penerimaan dan kasih sayang telah terpenuhi, maka kebutuhan akan penguasaan ilmu pengetahuan, keberhasilan dan lain-lain merupakan suatu kesenjangan/ ketidakseimbangan. Kesenjangan itu, jika dikelola dengan baik oleh supervisor akan menimbulkan motivasi berprestasi yang kuat.
Setidaknya supervisor pada awalnya dapat menjadi motivator ekstrinsik sebelum tumbuhnya motivasi instrinsik pada guru-guru. Contoh laporan PTS Pengawas dan Kepala Sekolah Kunci keberhasilan adalah kemampuan supervisor membuat agar penyusunan RPP yang Inovatif menjadi kebutuhan guru.
D.  Andragogi
1.   Konsep Andragogi
Knowles dalam Piet Sahertian dan Purwoko (1996:22) menyatakan : Andragogi adalah ilmu dan seni membantu orang dewasa untuk dapat belajar efektif. Selanjutnya menurut Piet Sahertian dan Purwoko (1996:25) : Dalam proses mendidik orang dewasa, pematangan atau pengembangan yang bertujuan mengubah sifat tergantung (dependent) menjadi sifat tak tergantung (independent). Download PTS SD pdf Orang dewasa puas dengan hasil kerjanya sendiri, ia menuntut perlakuan dalam statusnya sebagai orang dewasa. Berdasarkan perubahan status itu, orang dewasa dalam proses belajar tidak senang bila ia diperlakukan, diarahkan sebagai anak.
2.   Penerapan Konsep Andragogi
Piet Sahertian dan Purwoko (1996:27) menyatakan : Karena yang menjadi sumber belajar adalah diri orang dewasa itu sendiri, maka masalahnya bagaimana menggunakan teknik-teknik yang membuka jalan bagi orang dewasa agar belajar efektif itu perlu diupayakan kegiatan belajar sendiri, seperti : diskusi, menganalisis kasus, simulasi, permainan peran, praktek lapangan, latihan kerja, seminar dan lokakarya. Download PTS bagi Kepala Sekolah doc
E.  Kerja Praktek
1.   Strategi Kerja Praktek
Telah dijelaskan kerucut pengalaman belajar dari Peter Sheal. Dalam model itu terlihat bahwa pengalaman belajar yang optimal akan dicapai, jika peserta belajar sampai pada tingkat melakukan dan mengatakan. Melakukan dalam hal ini adalah praktek penyusunan RPP, dan mengatakan dilaksanakan dalam bentuk presentasi hasil kerja.
Ahmad Rohani (2004:6) mengatakan : belajar yang berhasil mesti melalui berbagai macam aktifitas, baik aktifitas fisik maupun psikis. Contoh PTS Kepala Sekolah Berprestasi Pakar Psikologi Pendidikan J. Peaget (dalam Ahmad Rohani, 2004:7) mengatakan : Seseorang berpikir sepanjang berbuat. Tanpa berbuat seseorang tidak akan berpikir. Agar ia berpikir sendiri (aktif) maka ia harus diberi kesempatan untuk berbuat sendiri.
Berdasarkan teori-terori tersebut, dan dikaitkan dengan konsep andragogi maka pembelajaran yang terkait dengan diskusi dan praktek harus dikedepankan dalam penelitian ini. Bulletin Kent Mathematics Project (1990:15) mengajukan tiga model pembelajaran yaitu discussion, investigation dan practice work. Download PTS bagi Kepala Sekolah doc
Dalam Kamus Inggris-Indonesia (1984:442) arti kata “practice” adalah : 1) latihan, 2) praktek, 3) kebiasaan dan (1984:652) arti kata “work” adalah : 1) pekerjaan , 2) karya, 3) kerja. Dengan demikian practice work dapat diterjemahkan menjadi “Kerja Praktek”. Karakteristik dari kegiatan kerja praktek / practice work menurut  Bulletin Kent Mathematics Project (1990:15) adalah :
1) The learner make satisfaktory plans to carry out the practice activity ;
2) The practice component should be completed to the best ability of the learner ;
3) The learner should be abble to discribe the practice activity ;
2.   Pendapat Penulis
Pemilihan strategi kerja praktek adalah implementasi konsep andragogi. Download PTS SD pdf Dengan membuat bentuk kegiatan sesuai selera orang dewasa, diharapkan tumbuh motivasi yang tinggi pada guru-guru untuk membuat RPP Inovatif. Walau motivasi yang tumbuh pada awal adalah motivasi ekstrinksik (karena dibina oleh pengawas akademis) tapi lama kelamaan diharapkan yang muncul adalah motivasi instrinsik (tumbuh dari dalam sebagai sebuah kebutuhan guru).
Kerja praktek akan memberikan pengalaman belajar yang optimal kepada guru-guru. Dalam kaitan ini, perlu dicamkan kembali kata-kata mutiara kuno : “saya mendengar maka saya lupa, saya melihat maka saya ingat, saya mengerjakan maka saya mengerti”
F. Umpan Balik
1.   Peranan Umpan Balik
Umpan balik (feedback) adalah sebuah kegiatan untuk memberikan informasi balik kepada pembelajar tentang kemajuan hasil kerjanya. Menurut Arbono Lasmahadi (2005 : 1) : Salah satu komponen penting dalam proses belajar adalah adanya umpan balik (feedback).
Berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.41 tahun 2007, dalam kegiatan konfirmasi guru : memberikan umpan balik positif dan penguatan dalam bantuk lisan, tulisan, isyarat maupun hadiah terhadap keberhasilan peserta didik. Download PTS bagi Kepala Sekolah doc
2.  Hasil Penelitian yang mendahului
Hasil Penelitian Eko Sasono (2004 : 7) menyebutkan : Individu-individu berkinerja lebih baik bila mereka mempunyai tujuan yang spesifik dan menantang, dan menerima umpan balik mengenai kemajuan mereka yang tepat ke arah tujuan itu.
3.   Pendapat Penulis
Dalam penelitian ini digunakan dua cara pemberian umpan balik yaitu :
1) Bentuk tulisan : peneliti memberikan catatan-catatan singkat pada hasil kerja guru untuk menunjukkan hal-hal yang masih memerlukan perbaikan / penyempurnaan lebih lanjut. Kalimat-kalimat dalam umpan balik dapat berupa komentar, petunjuk maupun pertanyaan. Contoh PTS Kepala Sekolah Berprestasi
2) Bentuk lisan : peneliti melaksanakan tanya jawab dengan guru tentang kemajuan hasil kerjanya, yang dilaksanakan pada kegiatan presentasi hasil kerja dan juga pada kegiatan mandiri.
Umpan balik yang diberikan terhadap hasil kerja guru-guru diharapkan dapat menggugah dan meningkatkan motivasi guru-guru untuk mengkaji lebih dalam lagi petunjuk maupun pertanyaan-pertanyaan singkat pada umpan balik itu. Teknik Umpan Balik dalam penilaian RPP, diharapkan dapat memberikan arah yang lebih terfokus untuk mempermudah guru-guru dalam melakukan perbaikan (revisi) RPP tersebut.
G.  Kerangka Berpikir
Kebiasaan lama “teacher centre oriented” telah mengakar pada guru. Akan sangat sulit mengubah menjadi “student centre oriented”. Diperlukan komitmen dan kemampuan yang tinggi dari guru-guru. Komitmen dan kemampuan bukan bawaan sejak lahir, keduanya dapat ditingkatkan melalui proses pembelajaran dan pembiasaan. Download PTS SD pdf  Berdasarkan teori motivasi, kemampuan seseorang dapat ditingkatkan dengan menumbuhkan motivasi berprestasi. Motivasi akan tumbuh akibat adanya kebutuhan yang lebih tinggi, yaitu kebutuhan akan penguasaan ilmu pengetahuan, dan keberhasilan melaksanakan tugas. Sesuai dengan konsep andragogi, dan pendapat para akhli psikologi pendidikan, kemampuan/ ketrampilan guru dapat ditingkatkan dengan memberi kesempatan kepada guru untuk melaksanakan praktek, mempresentasikan hasil kerjanya dan mendapat umpan balik tentang hasil kerjanya.
H. Hipotesis Tindakan
Kerangka berpikir tersebut di atas mengarahkan penulis untuk merumuskan hipotesis tindakan dalam penelitian ini yaitu : Download PTS bagi Kepala Sekolah doc
Strategi Kerja Praktek dengan teknik Umpan Balik dapat meningkatkan guru guru ………..dalam menyusun RPP Inovatif..

C.CONTOH LAPORAN PENELITIAN TINDAKAN SEKOLAH UNTUK KEPALA SEKOLAH SD

BAB III
METODE PENELITIAN

A. Desain, Lokasi, Subjek dan Objek Penelitian
1.  Desain penelitian
Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan model Stephen Kemmis. Penelitian dilaksanakan dalam 10 minggu yaitu bulan     ….. sampai dengan …. 200X mengikuti jadwal yang ditetapkan Panitia Pelaksana PTS di tingkat Propinsi. Download Penelitian Tindakan Sekolah pdf
2.  Lokasi Penelitian
Lokasi Penelitian adalah ……….. yang berlokasi di …….
3.  Subjek Penelitian
Subjek Penelitian adalah semua guru mata pelajaran di ………..(kecuali Kepala Sekolah), sebanyak ….. orang yang terdiri :
4.  Objek Penelitian
Objek penelitian ini adalah kemauan dan kemampuan guru-guru membuat RPP Inovatif. Sebagai variabel bebas adalah “strategi Kerja Praktek dengan teknik Umpan Balik”, dan variabel terikat adalah “komitmen” dan “kemampuan” guru menyusun RPP Inovatif.
B. Prosedur Penelitian
Penelitian ini direncanakan dalam 3 (tiga) siklus. Perencanaan penelitian dibagi dalam langkah-langkah sebagai berikut :Download PTS SD pdf
1) Observasi dan Refleksi Awal
Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengetahui kemampuan awal guru-guru menyusun RPP sebelum dilaksanakan tindakan. Peneliti/supervisor mengumpulkan masing-masing sebuah RPP yang telah dibuat guru. Kemudian dikaji dan dinilai, diberikan umpan balik berdasarkan 8 (delapan) komponen sesuai dengan format penilaian RPP dalam Panduan Penyusunan Perangkat Portofolio Sertifikasi Guru Dalam Jabatan, Direktorat Jnderal Pendidikan Tinggi (2007:36) yaitu :
a) Kejelasan rumusan tujuan pembelajaran ;
b) Pemilihan materi ajar ;
c) Pengorganisasian materi ajar ;
d) Pemilihan sumber/media pembelajaran ;
2) Siklus I
Siklus I ini terdiri dari beberapa tahapan yaitu :
a) Perencanaan, siklus pertama ini direncanakan terdiri dari :
• Pembentukan kelompok : Kelompok Rumpun Mata Pelajaran (Bahasa, MIPA, IPS dan lainnya), serta jadwal pertemuan ; Contoh laporan PTS Pengawas dan Kepala Sekolah
• Informasi : Tentang teknik perumusan  langkah-langkah pembelajaran RPP Inovatif dengan pola konvensional, oleh supervisor (peneliti) ;
• Diskusi : Diskusi terbimbing dalam rumpun mata pelajaran. Bahan diskusi adalah RPP pertama yang telah dinilai dan diberi umpan balik ;
• Praktek : tugas terpantau (ditentukan batas waktunya) untuk merevisi RPP pertama, menjadi RPP yang lengkap sesuai format penilaian dalam sertifikasi ;
b) Pelaksanaan tindakan, sesuai dengan jadwal dan rencana kegiatan yang telah ditentukan dalam perencanaan siklus I. PTS bagi Kepala Sekolah doc
c). Observasi, berlangsung selama kegiatan (dalam proses) untuk:
• mengumpulkan data tentang komitmen guru dalam melaksanakan kegiatan,
• melakukan penilaian kemampuan guru dalam melakukan revisi RPP, melalui koleksi dokumen.
d) Refleksi, mengkaji hasil-hasil yang dicapai selama pelaksanaan tindakan, serta usaha dan rencana perbaikannya.
3) Siklus II
Siklus kedua ini, akan dilaksanakan seandainya hasil-hasil pada siklus I belum mencapai indikator kinerja. Kegiatan direncanakan terdiri dari beberapa tahapan yaitu :
a) Perencanaan, suklus kedua direncanakan terdiri dari : Download PTS bagi Kepala Sekolah doc
• Informasi : Tentang teknik perumusan  langkah-langkah pembelajaran RPP dengan pola Inovatif (mengadopsi model-model pembelajaran Inovatif) oleh peneliti  ;
• Diskusi :  terbimbing dalam rumpun mata pelajaran ;
• Praktek : terpantau (ditentukan batas waktunya) untuk merevisi  RPP perbaikan menjadi sebuah RPP yang Inovatif ;
• Presentasi : beberapa pertemuan lanjutan untuk memberikan kesempatan tiap-tiap guru mempresentasikan hasil kerjanya ;
b). Pelaksanaan tindakan, sesuai dengan jadwal dan rencana kegiatan yang telah ditentukan dalam perencanaan siklus II.
c). Observasi, Sama seperti pelaksanaan pada siklus I,
• Mengumpulkan data tentang komitmen guru dalam melaksanakan kegiatan merevisi RPP. Contoh laporan PTS Pengawas dan Kepala Sekolah
• Melakukan penilaian kemampuan guru dalam menyusun RPP yang Inovatif melalui koleksi dokumen.
d). Refleksi, mengkaji hasil-hasil yang dicapai selama pelaksanaan tindakan, serta  usaha dan rencana perbaikannya jika masih dipandang perlu.
4) Siklus III
Siklus III akan dilaksanakan seandainya hasil-hasil pada siklus II belum mencapai indikator kinerja, dengan bentuk kegiatan :
a). Perencanaan, suklus ketiga adalah pemberian tugas dengan target (ditentukan jumlah) RPP yang harus diselesaikan. Download Penelitian Tindakan Sekolah pdfGuru-guru secara mandiri dalam kelompok melaksanakan diskusi tak terbimbing. Diharapkan tiap guru menghasilkan 1 (satu) buah RPP Inovatif ;
b). Pelaksanaan tindakan, sesuai dengan jadwal dan rencana kegiatan yang telah ditentukan dalam perencanaan siklus III.
c). Observasi,
• Penilaian komitmen guru-guru melaksanakan kegiatan,
• Penilaian kemampuan guru dalam menyusun RPP yang Inovatif melalui koleksi dokumen.
d). Refleksi, mengkaji hasil-hasil yang dicapai selama pelaksanaan tindakan, dan melakukan analisis data untuk dapat menarik kesimpulan umum dari kegiatan siklus pertama, siklus kedua dan siklus ketiga.
C. Sumber Data, Metode dan Instrumen Pengumpulan Data
1. Sumber Data
Data-data yang dikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer yaitu data-data yang diproleh secara langsung oleh peneliti. Contoh PTS Kepala Sekolah Berprestasi Data tersebut diperoleh dari pengamatan atau penilaian dokumen oleh peneliti.
– Untuk komitmen guru menyusun RPP Inovatif sumber datanya adalah aktifitas guru dalam pertemuan formal serta aktifitas kerja di rumah.
2.  Metode dan Instrumen Pengumpulan Data
Metode pengumpulan data pada penelitian ini adalah observasi, penilaian dokumen dan wawancara.
– Untuk Komitmen guru menyusun RPP Inovatif, metoda pengumpulan datanya adalah observasi dengan instrumen panduan observasi (lampiran 1-3). Acuannya adalah definisi komitmen dari Glickman (dalam Piet Sahertian , 1944:44) yaitu : “usaha dan dorongan serta waktu yang cukup banyak” Download PTS bagi Kepala Sekolah doc
– Untuk Kemampuan guru menyusun RPP Inovatif, metode pengumpulan datanya adalah penilaian dokumen dengan instrumen (lampiran 5-8). Acuannya adalah format penilaian RPP dalam sertifikasi guru (lampiran 10).
D. Validasi Data dan Analisis Data
1. Validasi Data
Guna memperoleh data yang lebih valid digunakan metoda triangulasi yaitu :
– Untuk penilaian komitmen guru menyusun RPP, observasi dilaksanakan oleh 3 orang (2 orang pengawas, 1 orang kepala sekolah).
– Untuk penilaian kemampuan guru menyusun RPP, dokumen dinilai oleh  3 orang (2 orang pengawas, 1 orang kepala sekolah).
2. Analisis Data
Data-data yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptip dibantu dengan statistik sederhana. Download Penelitian Tindakan Sekolah pdf
Data tentang komitmen guru menyusun RPP Inovatif, dianalisis dengan analisis deskriptip dengan metoda tabulasi dan grafik (berdasarkan tabel kerja lampiran 4) ;
E.  Indikator Kinerja dan Jadual Pelaksanaan Penelitian
1. Indikator Kinerja
Dengan memperhatikan kondisi awal guru-guru di ………..:
1). Dari 3 orang guru senior ………..yang mengikuti uji sertifikasi, bahwa ketiganya belum memiliki kemampuan menyusun RPP sesuai pedoman yang berlaku.
2). Masih banyak guru (sekitar 90%) tidak mampu menyusun RPP atau tidak menggunakan RPP buatan sendiri dan mumnya RPP yang digunakan kurang Inovatif.
Maka, indikator kinerja dalam penelitian ini : Download PTS bagi Kepala Sekolah doc
1). Sekurang-kurangnya 85% guru menunjukkan komitmen yang baik dalam menyusun RPP Inovatif (nilai rata-rata 4,00-5,00) dalam skala 1-5.
2). Sekurang-kurangnya 85% guru menunjukkan kemampuan yang baik dalam menyusun RPP Inovatif (nilai rata-rata 4,00-5,00) dalam skala 1-5.
2.  Jadual pelaksanaan Penelitian
Penelitian ini direncanakan berlangsung selama bulan Inovatif sampai dengan September 200X (10 minggu) sesuai jadual pada tabel 1 berikut : Download PTS SD pdf
Tabel 1 : Jadual Pelaksanaan Penelitian

D. PENELITIAN TINDAK SEKOLAH SD KEPALA SEKOLAH DAN PENGAWAS SEKOLAH

DAFTAR PUSTAKA

Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum
Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : BSNP.
Bulletin Kent Mathematics Project (1990).
Depdikbud. 1992. Buku Pedoman Penyelenggaraan Musyawarah Guru Mata
Pelajaran. Jakarta : Depdikbud.
Depdikbud. 1993. Dengan Pemantapan Kerja Guru Kita Siapkan    Sumber  Daya
  Manusia yang Berkualitas  Untuk   Menyongsong   Pembangunan  Jangka
Panjang Tahap II. Jakarta : Depdikbud.
Depdiknas. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta : Depdiknas.
Depdiknas. 2005. Peraturan Pemerintah Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar
 Nasional Pendidikan. Jakarta : Depdiknas.
Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 16 tahun 2007
tentang Kualifikasi Akademik dan Kompetensi Guru. Jakarta : Depdiknas.
Depdiknas. 2007. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No.41 tahun  2007
 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta :
Depdiknas.
Dirjen Pendidikan Tinggi. 2007. Panduan Penyusunan Perangkat Portofolio
Sertifikasi Guru Dalam Jabatan. Jakarta : Depdiknas.
Direktorat Dikmenum. 1999. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah.
Jakarta : Depdiknas.
Direktorat Pembinaan SMA. 200X. Perangkat Penilaian KTSP. Jakarta :
Depdiknas.
Direktorat Pembinaan SMA. 200X. Perangkat Pembelajaran KTSP. Jakarta :
Depdiknas.
Echol, John M & Hassan Shadily. 1984. Kamus Inggris-Indonesia. Jakarta :
Gramedia.
Imron, Ali. 1995. Pembinaan Guru di Indonesia.  Malang : Pustaka Jaya.
Kartono, Kartini. 1992. Psikologi Wanita, Jilid I. Bandung : CV. Mandar Maju.
Terima kasih telah berkunjung di Musiyanto Blog yang membahas  CONTOH PTS TERBARU- ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Sekolah (PTS).

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + Rekomendasikan ini di Google untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di bawah. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.