PTK AKUNTANSI SMK KELAS XII KURIKULUM 2013 DOC-Keberhasilan siswa mencapai standar ketuntasan belajar ditentukan oleh faktor internal faktor eksternal. Faktor internal adalah kunci utama dari keberhasilan proses pembelajaran yang berasal dari diri siswa. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor pendukung yang mengoptimalkan kemampuan siswa yang berasal dari lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyaralat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana aktivitas siswa selama proses pembelajaran dan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran Akuntansi dengan metode pembelajaran berbalik pada materi utang wesel jangka panjang Siswa Kelas XII AK 1 SMKN 14 ..........? 2) Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) Pelaksanaan pembelajaran berbalik (resiprocal teaching) pada siklus I pada kategori kurang baik dan baik. Hanya diperoleh nilai rata-rata tes 76,55 dengan ketuntasan 52% namun demikian sudah lebih baik dari pra tindakan. pada siklus II pada diperoleh nilai rata-rata tes 85,86 dengan ketuntasan 100%. 2) Selain dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran, metode pembelajarn berbalik (reciprocal teaching) juga mempunyai kekuatan-kekuatan antara lain: melatih kemampuan siswa belajar mandiri, sehingga siswa mampu meningkatkan belajar mandiri, melatih siswa untuk menjelaskan kembali materi yang dipelajari kepada pihak lain. Dengan demikian, penerapan pembelajaran ini dapat dipakai untuk melatih siswa tampil didepan umum, orientasi pembelajaran adalah investigasi dan penemuan yang pada dasarnya adalah pemecahan masalah, sehingga kemampuan bernalar siswa juga semakin berkembang dan mempertinggi kemampuan siswa dalam memecahkan masalah (Pujiastuti, dalam Fauziah, 2002:12).ptk akuntansi smk kelas xii doc
Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel AKUNTANSI SMK yang diberi judul “MENINGKATKAN HASIL BELAJAR AKUNTANSI PADA SISWA KELAS XII AK 1 .........MELALUI METODE PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING PADA SEMESTER GENAP TAHUN PELAJARAN 20../20..”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.
PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan filePTK AKUNTANSI SMK KELAS XII lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN PTK 005 SMK ).
A.CONTOH LENGKAP PTK AKUNTANSI SMK KELAS XII
BAB 1
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang Masalah
Pendidikan merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, baik secara pribadi maupun sebagai modal dasar pembangunan bangsa. Pendidikan bukan sekedar memberikan pengetahuan, nilai-nilai atau melatih keterampilan tetapi juga mengembangkan kemampuan potensial dan aktual yang telah dimiliki siswa. Pendidikan bertujuan membantu siswa dalam pengembangan dirinya yaitu pengembangan semua potensi, kecakapan, serta karakteristiknya kearah positif.
Keberhasilan pendidikan dipengaruhi oleh perubahan dan pembaharuan dalam segala komponen pendidikan. Adapun komponen yang mempengaruhi pelaksanaan pendidikan meliputi kurikulum, sarana dan prasarana, guru, siswa, dan metode pembelajaran yang tepat. Semua komponen tersebut saling terkait dalam mendukung tercapainya tujuan pendidikan yang diinginkan. Dalam usaha peningkatan sumber daya manusia yang berkualitas diperlukan srategi belajar mengajar yang diharapkan mampu memperbaiki sistem pendidikan yang telah berlangsung selama ini.
Bentuk keberhasilan pendidikan disekolah dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Hasil belajar menunjukan hasil usaha yang dicapai siswa selama mereka melakukan kegiatan belajar disekolah. Bagi guru, hasil belajar siswa dapat dijadikan sebagai pedoman penilaian terhadap keberhasilan dalam kegiatan belajar-mengajar. Sedangkan bagi siswa, hasil belajar merupakan informasi yang berfungsi untuk mengukur tingkat kemampuan/keberhasilan belajarnya, apakah mengalami perubahan yang bersifat positif ataupun negatif.contoh ptk akuntansi smk lengkap doc
Hasil belajar merupakan perubahan perilaku yang diperoleh pembelajar setelah aktivitas belajar. Perubahan perilaku yang harus dicapai oleh pembelajar setelah melaksanakan aktivitas belajar dirumuskan dalam tujuan pembelajaran (Anni, 2004:4). Hasil belajar siswa dipengaruhi bermacam-macam unsur, selain dipengaruhi oleh adanya disiplin mengikuti dan mentaati peraturan sekolah, disiplin dalam belajar dan berperilaku yang baik, hasil belajar juga berubah karena pengaruh faktor-faktor lain yaitu kecerdasan, usaha diri, les privat, teman bermain, waktu yang cukup untuk belajar (Tu’u, 2004:93-96). Keberhasilan belajar yang dicapai individu merupakan interaksi antara faktor-faktor tersebut.
Bentuk keberhasilan pendidikan disekolah dapat dilihat dari hasil belajar siswa. Keberhasilan siswa mencapai hasil belajar ditentukan oleh banyak faktor. Ada faktor yang berasal dari dalam diri siswa sendiri (faktor internal) dan faktor yang berasal dari luar diri/ lingkungan (faktor eksternal). Faktor internal adalah kunci utama dari keberhasilan proses pembelajaran, contohnya adalah minat, bakat, motivasi diri. Sedangkan faktor eksternal adalah faktor pendukung yang mengoptimalkan kemampuan siswa yang berasal dari luar diri siswa yaitu lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyaralat. Dalam lingkungan sekolah contohnya adalah metode pembelajaran, kurikulum, kelengkapan fasilitas, pergaulan.
Keberhasilan siswa dalam proses pembelajaran dapat diketahui dari penguasaan materi pelajaran yang telah dipelajarinya. Hal tersebut, ditunjukan pada perolehan nilai dalam mata pelajaran yang bersangkutan. Dari data observasi awal yang dilaksanakan pada bulan Januari 2019 di kelas XII AK 1 SMKN 14 ........ sebagai subyek dalam penelitian ini karena mata pelajaran Akuntansi lebih diperioritaskan. Kelas XII AK 1 berjumlah 29 siswa yang terdiri dari latar belakang berbeda.
Hasil observasi dari nilai ulangan 4.9 Melakukan pengungkapan penuh atas pelaporan keuangan mata pelajaran Akuntansi di kelas XII AK 1 SMKN 14 ............ semester Genap tahun pelajaran 2018/2019, diperoleh data sebagai berikut, bahwa 55% siswa belum mencapai standar ketuntasan belajar. Padahal sekolah mengharapkan minimal 80% siswanya dapat tuntas dalam belajar pada semua mata pelajaran dengan nilai ketuntasan 80 yang telah ditetapkan oleh kurikulum sekolah. Apalagi pendidikan kejuruan bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik agar profesional dalam bidangnya masing-masing.
Hal ini menunjukan bahwa dalam pelaksanaan pembelajaran Akuntansi di SMKN 14 ....... belum dapat mencapai hasil belajar yang optimal. Padahal guru sudah melaksanakan pembelajaran sesuai dengan standar yang telah ditetapkan oleh sekolah yaitu melakukan proses pembelajaran, rajin masuk kelas, sudah menjelaskan materi pelajaran, membimbing kesulitan belajar siswa, menyiapkan bahan ajar, dan menerapkan metode pembelajaran yang bervariasi. Dari hasil observasi awal yang dilakukan di dalam kelas pada bulan Januari 2019, dapat diketahui bahwa guru mata pelajaran cenderung menggunakan metode pembelajaran ekspositori yaitu cara penyampaian pelajaran dari seorang guru kepada siswa di dalam kelas dengan cara berbicara di awal pelajaran, menerangkan materi dan contoh soal disertai tanya jawab. Akan tetapi, kemandirian dan keaktifan dari siswa masih kurang. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan sebagai alternatif untuk meningkatkan keaktifan dan kemandirian siswa adalah dengan menerapkan metode pembelajaran berbalik (reciprocal teaching). Metode pembelajaran berbalik (reciprocal teaching), yaitu metode pembelajaran yang melibatkan keaktifan siswa dalam kegiatan belajar mengajar dengan memilih seorang siswa agar berperan seperti guru untuk menjelaskan materi kepada siswa yang lain.ptk smk kurikulum 2013 doc
Metode pembelajaran berbalik (resiprocal teaching) dapat diterapkan kepada siswa melalui strategi pemahaman mandiri yaitu merangkum atau meringkas, berdiskusi kelompok dan menjelaskan materi kepada teman lainya. Guru memberikan dukungan, umpan balik dan rangsangan ketika siswa menerapkan strategi-strategi tersebut. Pembelajaran ini merupakan salah satu pendekatan pembelajaran yang berpusat pada siswa (student center learning).
Tujuan pembelajaran dapat tercapai apabila metode pembelajaran yang digunakan tepat, yaitu metode yang dapat meningkatkan pemahaman, kemandirian dan meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan metode pembelajaran yang bervariasi maka siswa akan lebih tertarik dan tugas guru dalam menyampaikan materi akan lebih mudah dipahami sehingga tujuan pembelajaran dapat tercapai secara optimal. Mempelajari Akuntansi perlu mengembangkan alternatif variasi metode pembelajaran dan latihan-latihan untuk melatih kemampuan dan keterampilan siswa. Dalam mempelajari siklus Akuntansi, banyak siswa SMKN 14 ...... yang mengalami kesulitan pada materi prinsip pengungkapan penuh atas pelaporan keuangan. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil ulangan yang diperoleh siswa kelas XII AK 1.
Hasil ulangan kelas XII AK 1 pada pada materi prinsip pengungkapan penuh atas pelaporan keuangan belum begitu memuaskan. Hal ini ditunjukan dengan masih banyaknya siswa yang memperoleh nilai dibawah standar ketuntasan yang telah ditetapkan. Untuk kelas XII AK 1 semester genap tahun pelajaran 2018/2019 persentase ketuntasan yang diperoleh sebesar 69,66 dengan standar ketuntasan yang ditetapkan sekolah sebesar 80 dan untuk kelas XII AK 1 persentase ketuntasan yang diperoleh sebesar 45%. Hasil wawancara dengan siswa diketahui bahwa siswa memang mengalami kesulitan pada materi prinsip pengungkapan penuh atas pelaporan keuangan dan kebanyakan kesalahan para siswa dalam tahapan penyusunan laporan keuangan juga terletak pada Prinsip pengungkapan penuh atas pelaporan keuangan.
B.DOWNLOAD FILE PTK SMK UNTUK KENAIKAN PANGKAT
BAB II
LANDASAN TEORI
C.PTK AKUNTANSI UNTUK SMK KELAS XII LENGKAP
Contoh PTK ini ada Bab 1 Sampai 5 beserta Daftar isi dan lampirannya untuk mendapatkan file lengkap sebagai referensi pembuatan PTK silahkan WA 08172834988
DAFTAR ISI
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + Rekomendasikan ini di Google untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di bawah. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.