Minggu, 24 Januari 2021

CONTOH PTK BAHASA INDONESIA SMK KELAS XII TERBARU DOC

CONTOH PTK BAHASA INDONESIA SMK KELAS XII TERBARU DOC-Rendahnya keterampilan pada materi bahasa Indonesia unsur kebahasaan surat lamaran pekerjaan pada siswa di kelas XII AK 2 SMKN ........ semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 ditemukan siswa mendapatkan kesulitan dalam keterampilan materi ini. Adapun penyebab kesulitan berbicara tidak terlepas adanya metode yang digunakan oleh guru dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Dengan adanya metode yang tepat akan menjadikan proses pembelajaran yang menyenangkan dan tidak selalu menoton atau membosankan. Media office word merupakan salah satu media pembelajaran yang mendorong peserta didik aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Setelah dilaksanakan tindakan beberapa kesimpulan yang dapat ditarik dari hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Ada peningkatan ketrampilan dalam meningkatkan keterampilan siswa materi pokok “Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan” mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas XII AK 2 SMK Negeri ..........pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020 dengan media office word. PTK bahas indonesia smk kelas xii

Pada siklus I, diperoleh rata-rata 2,54 kategori Cukup. Pada siklus II, mengalami peningkatan rata-rata menjadi 3,33 kategori Sangat Baik”. 2) Ada peningkatan hasil belajar siswa pada materi pokok “Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan” dengan bantuan media office word pada siklus I diperoleh rata-rata 69,66 (Kurang dari KBM 75) dengan persentase ketuntasan 41% kurang dari 85%. Pada siklus II meningkat menjadi 84,14 (melebihi KBM 75) dan  ketuntasan belajar diperoleh 100% (Sangat baik dan melebihi target SKM).

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel BAHASA INDONESIA yang diberi judul “ PENGGUNAAN MEDIA OFFICE WORD DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SISWA MATERI UNSUR KEBAHASAAN SURAT LAMARAN PEKERJAAN MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS XII AK 2 SMK .......... PADA SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 20../20...”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file PTK BHS INDONESIA SMK  lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN  PTK 006 SMK   ).

A.PTK BHS INDONESIA LENGKAP KURIKULUM 2013

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Pemahaman bahasa sangat berpengaruh dalam kehidupan sehari-hari untuk saling berkomunikasi. Bahasa sebagai alat komunikasi dapat berupa bahasa lisan dan tulisan. XII AK 2 adalah bahasa yang dipelajari untuk berinteraksi antar suku di Indonesia. Oleh sebab itu di sekolah-sekolah dipelajari XII AK 2. Mempelajari XII AK 2 dapat memberikan kesempatan yang luas dalam memperoleh berbagai informasi sehingga menambah wawasan seseorang di dalam negeri tercinta ini.

XII AK 2 merupakan mata pelajaran wajib yang diajarkan di tingkat SMK. XII AK 2 juga merupakan bahasa yang digunakan ketika kita pergi keseluruh wilayah di Indonesia. Pembelajaran XII AK 2 di tingkat SMK menuntut empat keterampilan berbahasa yang harus di kuasai perserta didik, yaitu keterampilan menyimak, keterampilan ‘mengidentifikasi penulisan surat lamaran pekerjaan sesuai kaidah penulisan EYD’, keterampilan membaca, dan keterampilan menulis. Tujuan pembelajaran XII AK 2 di sekolah adalah agar peserta didik mempunyai kemampuan berkomunikasi, baik secara lisan maupun tertulis dalam XII AK 2 sesuai dengan tingkatannya dan dapat mengenal kebudayaan bangsa tersebut. Sesuai dengan tujuan tersebut, pengajaran XII AK 2 di sekolah harus lebih ditingkatkan khususnya dalam keterampilan siswa materi “Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan” yang dapat dipergunakan setelah lulus sekolah dan ingin bekerja.ptk bahasa indonesia sma kurikulum 2013 pdf

Keterampilan mengidentifikasi “Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan” lebih mudah dikembangkan apabila setiap peserta didik memperoleh kesempatan untuk mendapatkan keterampilan dalam materi tersebut. Pada dasarnya, surat lamaran pekerjaan dibedakan dari berbagai sumber yang diperoleh oleh palamar. Rohmadi dan Rustamaji (2010:4) menjelaskan bahwa surat lamaran pekerjaan dapat diajukan berdasarkan sumber-sumber seperti iklan, keterangan orang lain dan sebagainya. Perbedaan sumber penulisan surat akan berdampak pada bahasa yang digunakan. Variasi bahasa yang dapat dibuat seperti tampak pada uraian mengenai sumber penulisan surat lamaran pekerjaan. Ketentuan-ketentuan yang harus diperhatikan dalam surat lamaran pekerjaan terkait dengan bahasa yang digunakan.

Namun demikian di kelas XII AK 2 SMKN 1.......... semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 ditemukan siswa mendapatkan kesulitan dalam keterampilan materi ini. Adapun penyebab kesulitan berbicara tidak terlepas adanya metode yang digunakan oleh guru dalam proses kegiatan belajar mengajar di kelas. Dengan adanya metode yang tepat akan menjadikan proses pembelajaran yang menyenangkan dan tidak selalu menoton atau membosankan.

Media office word merupakan salah satu media pembelajaran yang mendorong peserta didik aktif dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran untuk mencapai prestasi yang maksimal. Dengan menggunakan media office word diharapkan mampu meningkatkan keterampilan siswa pada materi “Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan”  dan mereka akan berani membuat surat lamaran dengan unsur kebahasaan yang baik. Teknik ini juga akan menambah kekompakan dalam belajar siswa, serta dapat menambah kreativitas guru dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMKN 1 .......... kebanyakan peserta didik mengalami permasalahan ketika ‘mengidentifikasi penulisan surat lamaran pekerjaan sesuai kaidah penulisan EYD’. Hal itu disebabkan oleh (1) minat peserta didik ketika mengikuti pelajaran rendah, karena peserta didik menganggap bahwa pelajaran tidak terlalu penting, (2) peserta didik merasa takut mengungkapkan ide saat ‘mengidentifikasi penulisan surat lamaran pekerjaan sesuai kaidah penulisan EYD’, karena mereka belum menguasai materi, (3) peserta didik kurang percaya diri terhadap kemampuan yang dimilikinya, sehingga ketika ‘mengidentifikasi penulisan surat lamaran pekerjaan sesuai kaidah penulisan EYD’, malu dan takut bila melakukan salah, (4) guru kurang memberikan motivasi kepada peserta didik, (5) guru belum menggunakan media yang tepat dalam menyampaikan materi pelajaran.contoh ptk guru smk

Berdasarkan uraian yang telah dijabarkan di atas, untuk mengatasi permasalahan yang ada dan untuk meningkatkan keterampilan siswa pada materi “Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan”, maka peneliti akan mengadakan penelitian pada peserta didik Kelas XII AK 2, yang berbentuk Penelitian Tindakan Kelas (Action Research) dengan judul “Penggunaan Media Office word dalam meningkatkan keterampilan siswa materi Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan mata pelajaran XII AK 2 di kelas XII AK 2 SMK Negeri 1 .... pada Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2019/2020”.

 B.DOWNLOAD PTK SMK LENGAP K13

BAB II

LANDASAN TEORI

A. Bahasa Indonesia

Manusia adalah mahluk sosial, sehingga manusia perlu berinteraksi dengan manusia yang lainya. Pada saat manusia membutuhkan eksistensinya diakui, maka interaksi itu terasa semakin penting. Kegiatan berinteraksi ini membutuhkan alat, sarana/media, yaitu bahasa. Sejak saat itulah bahasa menjadi alat, sarana atau media.

1. Pengertian Bahasa

Secara umum bahasa didefinisikan sebagai lambang. Bahasa adalah alat kornunikasi yang berupa sistem lambang bunyi yang dihasilkan alat ucap manusia. 

(a) Pengertian bahasa menurut Santoso, Keraf, dan Wibowo.

1. Santoso mengatakan bahwa ujaran lah yang membedakan manusia dan mahluk lainya.

2. Menurut Keraf (1986), bahasa meliputi 2 bidang, yaitu bunyi dan arti. Bunyi merupakan getaran yang bersifat fisik yang merangsang alat pendengaran yang dihasilkan oleh alat ucap sedangkan arti atau makna merupakan isi yang terkandung dalam arus bunyi tersebut.

3. Menurut Wibowo (2001:3) bahasa adalah sistem simbol bunyi yang bermakna dan berartikulasi (dihasilkan oleh alat ucap) yang bersifat arbitrer dan konvensional, yang dipakai sebagai alat berkomunikasi oleh sekelompok manusia untuk melahirkan perasaan dan pikiran.

(b) Beberapa Uraian Mengenai Bahasa

1. Bahasa sebagai sebuah sistem, artinya bahasa adalah sebuah sistem yang beraturan. Bahasa terbentuk oleh suatu aturan atau kaidah atau pola yang teratur dan berulang,baik dalam tata bunyi,tata bentuk kata maupun tata kalimat.contoh proposal ptk bahasa indonesia kurikulum 2013 doc

2. Bahasa itu adalah bunyi, bunyi yang dihasilkan oleh alat ucap manusia saja yang dapat digolongkan atau dikatakan bahasa.Namun,tidak semua bunyi yang dihasilkan alat ucap manusia dapat disebut bahasa.Batuk,bersin,misanya bukanlah bahasa. Hanya bunyi ujaranlah yang dapat disebut bahasa.

3. Bahasa itu bermakna, artinya bahasa adalah sistem lambang yang berwujud bunyi atau bunyi ujar.Lambang itu mengacu pada suatu pengertian,konsep,ide,atau gagasan ,maka dapat disimpulkan bahwa bahasa memiliki makna.

4. Bahasa itu konvensional, konvensi adalah kesepakatan atau perjanjian. Bahasa bersifat konvensional, artinya penggunaan lambang bunyi untuk suatu konsep tertentu berdasarkan kesepakatan antara masyarakat pemakai bahasa.

 2. Sifat -sifat Bahasa

Sifat-sifat bahasa sebagai berikut :

(a) Sistematik, artinya bahasa memiliki pola dan kaidah yang harus ditaati agar dapat dipahami oleh pemakainya. Bahasa diatur oleh sistem. Setiap bahasa mengandung dua sistem, yaitu sistem bunyi dan sistem makna. 

(b) Mana suka, yaitu karena unsur-unsur bahasa dipilih secara acak tanpa dasar. Tidak ada hubungan logis antara bunyi dan makna yang disimbolkannya. Sebagai contoh mengapa manusia yang baru lahir disebut bayi bukan disebut remaja. Mengapa wanita yang masih muda disebut sebagai gadis bukan nenekatau sebaliknya. Jadi, pilihan suatu kata disebut bayi, remaja, gadis, nenek, dan lain-lainnya itu ditentukan bukan atas dasar kriteria atau standar tertentu, melainkan secara mana suka.

(c) Ujar, bahasa bersifat ujar karena media yang terpenting adalah bunyi walaupun kemudian ditemui ada juga media tulisan.

(d) Manusiawi, yaitu karena bahasa menjadi berfungsi selama manusia yang memanfaatkannya, bukan makhluk lainnya.

Komunikatif, yaitu karena fungsi utama bahasa adalah sebagai alat berkomunikasi atau alat penghubung antar keluarga, masyarakat, dan bangsa dalam segala kegiatannya.

C.PROPOSAL PTK SMK KURIKULUM 2013

BAB III
METODE PENELITIAN


A. Desain Penelitian
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research dengan menggunakan pendekatan kualitatif yang berjuan untuk meningkatkan keterampilan siswa pada materi “Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan”. Penelitian tindakan kelas merupakan penelitian yang bersifat kolaboratif yang didasarkan pada permasalahan-permasalahan yang timbul dalam proses kegiatan pembelajaran bahasa Indonesia.
Penelitian ini dilakukan dalam siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Dalam penelitian tindakan kelas ini peneliti menggunakan penelitian tindakan kelas model Kemmis & McTaggart yang terdapat dalam Madya (1994:25) yang dapat digambarkan sebagai berikut.
Gambar 3.1
Siklus Penelitian Tindakan Kelas
 
Penelitian tindakan adalah suatu model penelitian terdiri dari siklus kegiatan yang terdiri dari 4 komponen sebagai berikut.
1. Perencanaan
Tahap pelaksanaan yang dilakukan oleh peneliti dan observer adalah sebagai berikut.
a. Observasi Awal
Observasi awal dilakukan untuk mengidentifikasi masalah yang timbul di dalam kelas melalui wawancara dengan siswa, observasi kelas peserta didik, kemudian dilanjutkan dengan berdiskusi tentang langkah apa yang akan dilakukan antara peneliti dan observer. Beberapa masalah yang berhasil ditemukan adalah keterampilan siswa pada materi “Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan”  rendah dan sikap negatif peserta didik terhadap pembelajaran bahasa Indonesia.

b. Penyeleksian Masalah
Dari berbagai masalah yang teridentifikasi, peneliti dan observer menentukan masalah mana yang akan diupayakan pemecahan. Peneliti dan observer bersepakat untuk meningkatkan upaya peningkatan keterampilan siswa pada materi “Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan” dan mengubah sikap positif peserta didik dalam pembelajaran bahasa Indonesia.
c. Penentuan Perencanaan
Setelah menentukan masalah, peneliti dan observer menyusun perencanaan penelitian yang akan ditempuh. Semua informasi yang telah diperoleh menjadi bahan pertimbangan dalam menentukan upaya yang akan ditempuh dalam penelitian ini.
d. Merencanakan dan Menyusun Tindakan
Peneliti dan observer merancang dan menyusun tindakan yang akan ditempuh untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Berdasarkan data yang ada, kondisi sekolah, kemampuan peneliti dan observer, maka ditentukan tindakan yang akan ditempuh. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah media office word dalam keterampilan siswa pada materi “Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan”.ptk bahasa indonesia sma kelas xii doc

2. Pelaksanaan Tindakan
Keterampilan siswa pada materi “Unsur Kebahasaan Surat Lamaran Pekerjaan” disiapkan secara matang dengan cara menyusun rencana pembelajaran dan merancang teknik yang akan digunakan terlebih dahulu. Hal ini dilakukan agar pembelajaran lebih terarah pada tujuan yang ingin dicapai. Rencana pengajaran juga merupakan rambu-rambu bagi guru agar dalam mengajar tidak keluar dari konsep yang telah dibuat.
3. Pengamatan
Pada tahap ini peneliti dan observer melakukan pengamatan secara tertulis menggunakan catatan lapangan harian tentang pelaksanaan tindakan. Hasil pengamatan yang ada dapat yang ada dapat dijadikan sebagai bahan untuk pertimbangan langkah yang akan ditempuh selanjutnya. Peneliti meminta pendapat dari guru dan peserta didik tentang pelaksanaan tindakan yang telah berlangsung.
 
4. Refleksi
Tahap refleksi dilakukan sebagai upaya penilaian oleh peneliti bersama guru mengenai tindakan yang telah dilaksanakan. Tahapan refleksi dilakukan melalui perenungan kembali dan diskusi bersama pengamat terhadap setiap tindakan yang diberikan kepada peserta didik. Tahapan ini dilakukan untuk menilai proses tindakan yang telah dilakukan, mengetahui perubahan akibat dari tindakan baik perubahan positif maupun negatif dan mengetahui hambatan-hambatan selama proses tindakan. Perbaikan atau peningkatan yang telah dicapai selanjutnya diteruskan kembali hingga muncul perubahan yang dipandang lebih baik atau lebih signifikan.

D.DAFTAR PUSTAKA


Arends, Richard I. 2010. Learning to Teach. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Baumfield, Vivienne, dkk. 2011. Action Research in the Classroom. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djiwandono, Soenardi. 2008. Tes Bahasa. Jakarta: PT. Indeks.

Hopkins, David. 2011. Panduan Guru Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Huda, Miftahul. 2011. Cooperative Learning Metode, Teknik, Struktur dan Model Penerapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2010. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni, M. Arif, dan Ismail. 2008. Model-model Pembelajaran Mutakhir. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iskandarwassid, Sunendar. 2002. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Lie, Anita. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Grasindo.

Moeliono, A. 2002. Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta. Balai Pustaka.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: UNY.

Pringgawidagda, Suwarna. 2002. Strategi Penguasaan Berbahasa. Yogyakarta: Adicipta Karya Nusa.

Robert, Slavin E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2007. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyanto. 2002. Model-model Pembelajaran Inovatif. Surakarta: Panitia Sertifikasi Guru (PSG) Rayon 13 Surakarta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
 
Terima kasih telah berkunjung di blog kami yang membahas PTK BHS INDONESIA SMK Semoga .PTK ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + Rekomendasikan ini di Google untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di bawah. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.