Senin, 29 November 2021

CONTOH PTK IPA SD KELAS I PEMBELAJARAN DARING PANDEMI COVID 19

CONTOH PTK IPA SD KELAS I PEMBELAJARAN DARING PANDEMI COVID 19-Setelah dilakukan pembelajaran di kelas I dengan metode dan media permainan kartu take and give ternyata nilai rata-rata kelas dan ketuntasan belajar mengalami peningkatan jika dibandingkan antar pertemuan siklus, demikian juga aktivitas siswa mengalami peningkatan. Hal ini disebabkan karena siswa mempunyai motivasi belajar yang tinggi dengan media pembelajaran permainan kartu take and give. Suasana belajar menyenangkan karena siswa termotivasi, tertarik dan senang dalam menggunakan media pembelajaran permainan kartu take and give.PTK IPA SD pembelajaran daring covid 19

Analisis dan refleksi keseluruhan siklus menunjukkan bahwa hasil dan kualitas pembelajaran dapat dioptimalkan jika ada dukungan dari berbagai aspek, selain model dan media pembelajaran yang dipilih guru, kondisi siswa, materi pelajaran, fasilitas sekolah dan yang lebih penting adalah kesungguhan guru dalam mengajar. Rata-rata hasil tes pada siklus I pertemuan 1 adalah 74,12 dan pada pertemuan 2 adalah 87,06 menunjukan adanya peningkatan 12,94 poin. Rata-rata hasil tes pada siklus II pertemuan 3 adalah 94,12 dan pada pertemuan 4 adalah 96,27 menunjukan adanya peningkatan 2,15 poin. Sedangkan persentase ketuntasan meningkat dari siklus I pertemuan I adalah 71%, pada siklus I pertemuan II sebesar 82%, meningkat pada siklus II menjadi 100%. Sehingga dari siklus I ke siklus II meningkat 29%. 

Pada observasi guru dan siswa menunjukan peningkatan signikan dalam proses pembelajaran pada tiap siklusnya yang terdiri dari bagaimana guru dalam tindak mengajar dan siswa tindak belajar, seluruh kegiatan siswa dalam pembelajaran dengan model permainan take and give. Sehingga penelitian dianggap tuntas dan positif dengan model permainan take and give efektif dalam meningkatkan prestasi belajar siswa Kelas I di SD Inpres....... pada Materi pokok “Bagian-Bagian Anggota Tubuh, Kegunaan dan Cara Perawatan” Semester Ganjil Tahun Pelajaran 20../20....

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel IPA SD yang diberi judul “EFEKTIFITAS PENGGUNAAN MODEL TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI POKOK BAGIAN-BAGIAN ANGGOTA TUBUH, KEGUNAAN DAN CARA PERAWATAN KELAS I SD INPRES ........ SEMESTER GANJIL TAHUN PELAJARAN 20../20.. ”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file PTK IPA SD lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN  PTK 105 SD   ).


Terima kasih telah berkunjung di blog kami yang membahas PTK IPA SD .Semoga .PTK ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).