3) Diperoleh hasil belajar siswa pada materi demokrasi mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III, begitu juga prosentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar meningkat dari siklus I diperoleh rata-rata hasil belajar 72,94 dengan ketuntasan belajar sebesar 54% meningkat pada siklus II diperoleh rata-rata hasil belajar 79,71 dengan ketuntasan belajar sebesar 74% dan terakhir meningkat pada siklus III diperoleh rata-rata hasil belajar 90,29 dengan ketuntasan belajar sebesar 100% menunjukan hasil yang sesuai harapan dan menunjukan peningkatan yang signifikan. Berdasarkan hasil Penelitian Tindakan Kelas (PTK) diatas prosentasi ketercapaian pada siklus pertama mengalami peningkatan yang signifikan pada siklus kedua dan ketiga, maka dapat disimpulkan bahwa temuan pada penelitian menjawab hipotesis yang dirumuskan pada bab II bahwa melalui model discovery learning dapat meningkatkan hasil belajar PPKn siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 1....tahun pelajaran 20../20...
Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel PPKN yang diberi judul “UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PPKn MATERI DEMOKRASI MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS XI IPA SMAN 1 ...... TAHUN PELAJARAN 20../20..”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.
PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file PTK PPKN lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN PTK 127 SMA ).