Senin, 13 November 2023

CONTOH GRATIS PTK BAHASA INDONESIA KELAS IV SD KUMER TERBARU

CONTOH GRATIS PTK BAHASA INDONESIA KELAS IV SD KUMER TERBARU-Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Direct Instruction dengan menggunakan media Powerpoint untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 057226 ............ pada Kompetensi Dasar Himpunan. Dalam penelitian ini rumusan masalahnya adalah “ Bagaimanakah Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Tema Indahnya Kebersamaan Melalui Metode Direct Instructions Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 057226 ........................a Tahun Pelajaran 2018/2019?”

Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SD Negeri 057226 ................ yang berjumlah 18 orang. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi yang dilakukan oleh peneliti sendiri, dokumentasi dan test. Observasi dilakukan sebanyak 4 kali pertemuan dengan 3 kali tindakan melalui penerapan model pembelajaran Direct Instruction dengan menggunakan media Powerpoint. Dokumentasi dilakukan untuk mengetahui keadaan sekolah, guru dan siswa. Data tentang hasil belajar siswa diperoleh melalui lembar hasil belajar bahasa Indonesia siswa sebelum dan sesudah tindakan. Kemudian peneliti memberikan tes, dan data kemudian dianalisis.

Indikator keberhasilan dalam penelitian ini apabila hasil belajar siswa meningkat, yaitu nilai rata-rata yang dihasilkan 65 atau lebih dan siswa yang mendapat nilai 65 atau lebih berjumlah 85% dari jumlah siswa. Teknis analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif. Analisis ketuntasan berdasarkan skor yang diperoleh siswa sebelum tindakan diperoleh 8 orang siswa, yaitu 44,44%. Sedangkan setelah tindakan diperoleh hasil sebagai berikut: Siklus I 11 orang siswa, yaitu 61,11%. Siklus II 15 orang siswa, yaitu 83,33%. Siklus III 18, yaitu 100%.

Berdasarkan hasil penelitian dari analisis tindakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Direct Instruction dengan menggunakan media Powerpoint dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia siswa kelas IV SD Negeri 057226 ................. Ini dapat dilihat dari analisis ketuntasan belajar siswa kelas IV setelah tindakan. Berdasarkan hasil analisis ketuntasan secara individual dari 18 siswa (100%), artinya telah melampaui ketuntasan klasikal yang ditetapkan yakni sebesar 85%.

Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel BAHASA INDONESIA  yang diberi judul "MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA TEMA INDAHNYA KEBERSAMAAN MELALUI METODE DIRECT INSTRUCTIONS PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI ............ TAHUN PELAJARAN 20../20...”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.

PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file PTK  lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN  PTK 144 SD   ).



Jika rekan pendidik tidak mau repot, atau kurang memiliki waktu senggang dalam pembuatan PTK, rekan pendidik dapat meminta bantuan untuk dibuatkan PTK kepada kami, Rekan pendidik bisa menghubungi  saya di WA: 081-7283-4988 Harapan kami, Semoga postingan kali ini bermanfaat!

 Terima kasih telah berkunjung di blog kami yang membahas tentang PTK Semoga .PTK ini dapat membantu Anda dalam penyusunan laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).