DOWNLOAD PTK KIMIA SMA KURIKULUM 2013 DOC-Berdasarkan fakta-fakta yang berhasil ditemukan dan pembahasan hasil penelitian, seperti yang telah dikemukakan pada hasil penelitian di atas, berikut ini dikemukakan beberapa simpulan sebagai temuan peneliti sebagai berikut. Pelaksanaan penelitian tindakan kelas yang diterapkan dengan sasaran siswa kelas XII MIPA di SMAN ..... ini mengambil materi Sifat Koligatif Larutan dengan menggunakan metode kuis ini dilaksanakan dengan dua siklus. Pada Siklus I, pelaksanaan pembelajaran Sifat Koligatif Larutan dengan metode kuis kurang berjalan dengan baik karena masih ada beberapa siswa yang kurang aktif dalam melaksanakan kuis. Selain itu hasil belajar yang diperoleh pun kurang memuaskan. Untuk itu peneliti dan kolaborator perlu mengadakan siklus berikutnya untuk mendapatkan hasil belajar yang lebih baik. Pada Siklus II, pelaksanaan pembelajaran Sifat Koligatif Larutan dengan metode kuis sudah berjalan dengan baik. Hal itu ditunjukkan dengan meningkatnya keaktifan siswa dalam mengikuti pembelajaran yang berlangsung dalam kelas. Hasil belajar yang diperoleh juga menunjukkan adanya peningkatan, baik hasil belajar secara individu maupun hasil belajar secara kelompok. Berdasarkan hasil dan temuan peneliti, maka dikemukakan beberapa saran. Pertama, diharapkan hasil penelitian tindakan kelas ini dapat memberi wawasan kepada guru untuk lebih berkreasi dan berinovasi dalam melaksanakan proses pembelajaran. Kedua, kepada dinas pendidikan jawa barat serta pihak yang terkait, semoga lebih arif dan bijaksana jika memberikan kesempatan untuk mengadakan penelitian tindakan kelas secara sederhana yang disebarluaskan dalam forum guru.contoh ptk kimia sma kurikulum 2013
Laporan penelitian tindakan kelas ini membahas mapel KIMIS SMA yang diberi judul “IMPLEMENTASI STRATEGI BELAJAR DENGAN KUIS DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA PADA SISWA KELAS XII MIPA SMAN ..... SEMESTER GANJILTAHUN PELAJARAN 20../20..”, untuk memenuhi salah satu persyaratan dalam kenaikan tingkat dari IV a ke IV b. Disini akan di bahas lengkap.
PTK ini bersifat hanya REFERENSI saja kami tidak mendukung PLAGIAT, Bagi Anda yang menginginkan file PTK KIMIA SMA lengkap dalam bentuk word dari BAB 1 - BAB 5 untuk bahan referensi penyusunan laporan PTK dapat (SMS/WA/TM ke 081-7283-4988 dengan Format PESAN PTK 076 SMA ).
A.DOWNLOAD LENGKAP PTK KIMIA SMA KELAS XII DOC
BAB I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Sifat koligatif larutan adalah kompetensi yang diberikan pada kelas XII di SMA Negeri 1 ...., namun ditemukan oleh penulis bahwa materi ini kurang maksimal dipahami oleh siswa khususnya pada kelas XII MIPA. Guru dan siswa harus menyadari bahwa sasaran dari belajar kimia adalah kreatifitas untuk memahami materi dan dapat menyerapnya dengan baik. Adapun yang menjadi permasalahan adalah sulitnya siswa dalam memahami materi baik ranah pemahaman maupun keterampilan. Ini berarti bahwa fokus dari pembelajaran materi pokok sifat koligatif larutan di SMA Negeri .... kelas XII MIPA dikatakan belum berhasil.
Kemampuan memahami materi pelajaran merupakan kemampuan yang sangat penting dalam indikator pemebelajaran bagi para siswa karena dengan memahami materi, mereka dapat menambah keterampilan dan pengetahuan siswa. Siswa yang tidak memahami materi akan kehilangan motivasi belajar. Sebaliknya, siswa yang berhasil memanfaatkan kemampuan memahami materi dalam kehidupan nyata.
Meskipun kemampuan memahami materi memiliki peranan yang besar, namun tak sedikit orang yang mengeluhkan kemampuan memahami materi mereka. Salah satu sebab kurang berhasilnya kemampuan memahami materi adalah kurangnya perhatian dan kemampuan guru dalam menggunakan strategi untuk mengkomunikasikan bahan pelajaran memahami materi pada siswa yang mempunyai berbagai perbedaan kemampuan, pengalaman. Untuk itu, perhatian dan kemampuan guru diperlukan untuk membantu siswa yang memiliki perbedaan, dengan memberi perlakuan yang adil dan manusiawi. Guru diharapkan mampu memodifikasi strategi pelajaran untuk siswa yang mempunyai karakter yang berbeda.contoh ptk ikatan kimia
Berbagai strategi untuk memperoleh kemampuan memahami materi yang memadai perlu dipergunakan. Hal ini, mengingat kemampuan memahami materi sangat berperan penting untuk menyerap informasi dari masyarakat. Proses penyerapan informasi perlu adanya kemampuan berfikir yang baik, yakni kemampuan berfikir kritis. Dengan menerapkan kemampuan berfikir kritis dalam proses pembelajaran kimia diharapkan pemahaman siswa terhadap materi dapat mengalami peningkatan secara maksimal.
Selain kemampuan berfikir kritis, siswa harus mampu berfikir logis. Dalam berfikir logis, siswa dapat menggunakan logika mereka. Dalam logika, memperhatikan penalaran yang semestinya atau penalaran yang tepat dan penalaran yang tidak tepat (Sudjana, 2001:3). Kemampuan bernalar yang baik sangat ditentukan oleh kemampuan seorang berfikir logis.
Berdasarkan uraian di atas dapat disimpulkan bahwa dalam kegiatan memahami dan meningkatkan hasil belajar materi kimia, diperlukan kemampuan berfikir kritis dan logis. Kemampuan berfikir kritis diperlukan untuk menemukan keseluruhan makna dalam materi kimia, sedangkan kemampuan berfikir logis merupakan kemampuan untuk mengembangkan ide dan pikiran untuk menyimpulkan dari hal yang diketahui sampai hal yang belum diketahui.
Pelaksanaan pembelajaran memahami materi akan berhasil jika didukung oleh pemilihan metode pembelajaran yang tepat. Dalam pengertian sempit, metode berarti cara yang digunakan guru dalam menyampaikan materi pelajaran di depan kelas. Dalam pengertian sempit ini, metode disamakan dengan teknik penyajian pelajaran. Dalam pengertian luas, metode pembelajaran kuis berarti perencanaan secara menyeluruh kegiatan belajar-mengajar kuis, yang meliputi penyusunan program pembelajaran kuis, pelaksanaan pembelajaran kuis dan evaluasi pembelajaran kuis. Berkaitan dengan hal ini, Mackay mengemukakan ada empat komponen yang tercakup dalam metode, yaitu a) seleksi, b) gradasi, c) presentasi, dan d) repetisi (Sudarman, 2001:78).
Seleksi, maksudnya pemilihan bahan yang akan diajarkan. Asumsi yang melandasi kegiatan seleksi ini adalah tidak semua materi pokok sifat koligatif larutan perlu diajarkan kepada siswa. Selain itu, juga karena pertimbangan faktor lain, misalnya tujuan pembelajaran kuis, kemampuan pembelajar, dan waktu yang tersedia. Gradasi merupakan langkah mengurutkan materi yang telah dipilih dengan mempertimbangkan urutan seperti dari mudah ke sukar, dari sederhana ke kompleks. Pengurutan ini penting dilakukan, agar bahan pengajaran dapat diterima dengan mudah oleh para siswa. Presentasi adalah cara menyajikan materi yang telah diurutkan kepada siswa. Cara penyajian ini dilakukan guru di depan kelas. Repetisi adalah upaya menanamkan keterampilan pembelajaran kimia kepada siswa. Untuk menanamkan keterampilan pembelajaran kimia, perlu usaha pengulangan pelatihan-pelatihan hingga siswa benar-benar menguasai keterampilan yang dilatihkan. Agar proses dan hasil pembelajaran meningkat dibutuhkan metode pembelajaran yang tepat dan sesuai. Metode kuis adalah pendekatan atau cara yang paling tepat untuk menyelesaikan permasalahan rendahnya hasil belajar kimia. Karena dengan metode kuis, siswa akan lebih tertarik, terdorong, dan berminat sehingga akan dapat meningkatkan pemahaman dan keterampilan siswa terhadap materi.
B. Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang di atas maka dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut:
1. Bagaimana penerapan metode kuis dalam meningkatkan hasil belajar kimia pada siswa kelas XII MIPA SMAN ........... semester ganjil tahun pelajaran 20../20.. ?
2. Apakah ada peningkatan hasil belajar kimia pada siswa kelas XII MIPA SMAN ....semester ganjil tahun pelajaran 20../20.. melalui metode kuis ?
C. Tujuan Penelitian
Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian tindakan kelas ini adalah sebagai berikut:
1. Untuk mendeskripsikan penerapan metode kuis dalam meningkatkan hasil belajar kimia pada siswa kelas XII MIPA SMAN ... semester ganjil tahun pelajaran 20../20..
2. Untuk mengetahui peningkatan hasil belajar kimia pada siswa kelas XII MIPA SMAN .... semester ganjil tahun pelajaran 20../20.. melalui metode kuis.
B.CONTOH PTK KIMIA SMA LENGKAP
BAB II
KAJIAN PUSTAKA
C.JUDUL PTK SMA LENGKAP TRBARU DOC
BAB III
METODE PENELITIAN
A. Setting Penelitian
Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SMAN 1 ....kelas XII MIPA semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 pada mata pelajaran kimia. SMAN 1 .......... terletak di Dinas Pendidikan ...... Guru di sekolah ini adalah pegawai negeri dan guru tidak tetap. Siswa di sekolah ini berasal dari daerah ........... dan daerah di sekitarnya. Tingkat kedisiplinan di sekolah ini tergolong baik.
B. Persiapan Penelitian
Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) karena PTK merupakan tugas dan tanggung jawab guru terhadap proses pembelajaran yang dilaksanakan dalam kelas. Untuk memperlancar pelaksanaan PTK ini peneliti mempersiapkan lokasi (seting penelitian), perangkat (instrumen) penelitian, dan objek untuk diamati.contoh ptk kimia sma
C. Siklus Penelitian
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan rancangan daur ulang (siklus) seperti yang dikembangkan oleh Khemmis dan Mc. Taggart (1988). Pelaksanaan PTK ini menggunakan dua siklus.
Dalam siklus pertama menurut Model Classroom Action Research Kemmis dan Taggart, maka tahap awal yang dilakukan adalah:
1. Pembuatan perencanaan yang dimulai dari persiapan pembuatan instrumen yang disesuaikan dengan topik pembelajaran.
2. Tahap kedua adalah “action” atau tindakan yang dilakukan oleh siswa.
3. Tahap tiga adalah observasi, yang akan dilakukan oleh guru pada tahap ini adalah guru mengadakan observasi atau penelitian terhadap akifitas yang dilakukan oleh siswa.
4. Tahap keempat adalah “reflection” refleksi yang akan dilakukan guru adalah menyimpulkan hasil analisa yang kita amati pada tahap sebelumnya.
Dalam pelaksanaan siklus pertama ini apabila aktifitas yang dilakukan siswa kurang maksimal, maka akan dilanjutkan dengan pelaksanaan siklus kedua. Pada siklus kedua ini teknik yang digunakan adalah sama. Dalam pelaksanaan siklus kedua, pelaksanaannya tetap melalui empat tahap seperti yang terdapat dalam siklus pertama yaitu, planning, action, observasi, dan reflection. Pada tahap kedua siswa akan banyak dimotivasi oleh guru sehingga siswa diharapkan akan lebih memahami topik pembahasan. Bentuk motivasi guru pada siswa adalah dengan memberi banyak gambaran tentang topik pembicaraan.
D.PROPOSAL PTK KIMIA SMA KELAS XII DOC
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + Rekomendasikan ini di Google untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di bawah. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.